Home Warna Warni Batu Permata Terbaik Di Dunia Berasal Dari Banten, Indonesia

Batu Permata Terbaik Di Dunia Berasal Dari Banten, Indonesia

Bagi para pecinta batu mulia atau permata, tentunya tak asing dengan batu permata Kalimaya. Ternyata, batu permata kalimaya dari Kabupaten Lebak, Banten, hingga kini terbaik di dunia.  Inilah yang menjadi topik Warna Warni kali ini. Indonesia kaya akan sumber daya alam. Mulai dari tumbuhan, hewan hingga bebatuan. Indonesia juga negara penghasil batu permata yang indah.

Batu permata kalimaya atau juga dikenal dengan sebutan opal yang berasal dari Kabupaten Lebak, hingga kini merupakan yang terbaik di dunia, karena memiliki aneka warna yang lebih indah dibandingkan dari Australia atau Amerika Latin. Selain itu, batu permata dari Lebak, Banten ini memiliki kecantikan yang dapat bersaing dengan batu permata lainnya seperti Jamrud, Saffir, Kecubung atau pun Ruby (Merah Delima).

Keindahan batu dengan ciri khas berupa pancaran beberapa warna dalam satu batu, membuat batu ini banyak dilirik orang. Jika dipadukan dengan untaian berlian, harganya bisa selangit. Batu ini menambah kecantikan pemakainya, khususnya para kaum hawa.

Batu permata Kalimaya memang punya sifat yang terbilang unik. Batu ini mampu menampilkan beragam warna (warna pelangi) dan dapat berubah-ubah tergantung dari sudut pengamatan. Permainan warna ini tercipta karena adanya butiran-butiran halus silica. Butiran ini tersusun sangat rapi dan dapat membelokkan (reflektor) cahaya serta memancarkannya kembali. Hal inilah yang menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.

Menurut Nong, seorang kolektor batu kalimaya di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, penghasil batu kalimaya di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Maja, Sajira dan Cimarga karena daerah tersebut terdapat pusat tambang kalimaya. Batu permata tersebut dieksploitasi secara tradisional, yakni menggali tanah hingga puluhan kilometer.

Sejumlah pedagang batu kalimaya di Rangkasbitung mengaku, saat ini permintaan batu permata kalimaya cukup tinggi. Transaksi di Rangkasbitung mencapai puluhan juta rupiah. Perajin batu kalimaya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mampu menembus pasar ASEAN karena permintaan cukup tinggi di wilayah negara-negara tersebut, seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, terus membina perajin batu kalimaya karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat juga penyerapan tenaga kerja.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990