22September2017

Home Warna Warni Pariwisata Melalui Blogger”

Pariwisata Melalui Blogger”

Di era digital seperti saat ini, blogkhususnya travel blogger memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan destinasi pariwisata di Indonesia. Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut "travel blogger" atau penulis blog khusus pariwisata sebagai pahlawan karena secara tidak langsung melalui tulisan-tulisannya telah mempromosikan pariwisata Indonesia baik ke wisatawan domestik maupun mancanegara, secara masif dan efektif.

Menurut Direktur Pencitraan Indonesia Kemenparekraf Ratna Suranti, para penulis blog juga membantu dalam panduan wisata mengingat para wisatawan domestik jarang bahkan tidak pernah menggunakan jasa perencana perjalanan atau "travel planner". Banyak orang Indonesia yang kerap bepergian hanya mengandalkan riset di internet melalui blog-blog atau bertanya langsung kepada orang-orang. Ratna juga mengatakan, banyak keuntungan yang bisa didapat dari maraknya travel blogger.

Kerja sama melalui para penulis dinilai penting karena saat ini promosi pariwisata di dunia maya lebih efektif dan dampaknya masif. Melalui para penulis blog ini, Kemenparekraf berharap bisa memajukan pariwisata Indonesia dengan memperbesar aktivitas-aktivitas promosi melalui dunia maya dengan tujuan menggugah para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Indonesia.

Ratna menambahkan, banyak penulis blog potensial di daerah yang harus diberdayakan untuk memudahkan akses informasi langsung dari penduduk aslinya. Diharapkan Kemenparekraf bisa berdampingan dengan para travel blogger untuk mempromosikan destinasi Indonesia. Para penulis blog juga diharapkan bisa menyampaikan dengan baik terkait tujuan wisata yang masih sulit dijangkau, seperti Sorong, Maumere atau Ambon. 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990