Home Warna Warni Biskuit Sehat Dari Kulit Manggis

Biskuit Sehat Dari Kulit Manggis

Buah manggis memiki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Namun, bagian paling bermanfaat dari buah manggis justru ada pada kulit buahnya, hal inilah yang menjadi topik Warna Warni kali ini.

Manggis (Garcinia mangostana) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Buah ini mengandung aktivitas antiinflasi dan antioksidan. Sehingga, di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manfaat kulit manggis ini membuat mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, menempati juara kedua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN). Prestasi tersebut lahir dari Agung Wicaksono dan Yuyun Puji Astutik.

Pada kegiatan yang berlangsung di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dua mahasiswa tersebut memaparkan judul makalah "Pandawa Bima (Pangan Darurat Biswit Manggosteen) Teknologi Seral Fungsional Berbasis Produk Lokal Kulit Buah Manggis (Gabnicia Mangistana L.) Berdaya Saing Global Menuju Ketahanan Indonesia 2015”.

Menurut Yuyun, di Banyuwangi produksi manggis termasuk tinggi, namun limbah berupa kulit manggis belum termanfaatkan. Agung Wicaksana menambahkan, kulit bagian dalam dari manggis memiliki kandungan fitokimia yang tinggi dan bagus untuk kesehatan. Selama ini dunia kedokteran menggunakan ekstrak kulit manggis untuk obat.

Berdasarkan kedua hal tersebut, kedua mahasiswa ini ingin memanfaatkan hal tersebut menjadi biskuit sehat bagi masyarakat, terutama anak-anak. Agung menjelaskan, bahan baku kulit manggis cukup awet untuk disimpan selama satu tahun, sehingga tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990