Home Warna Warni Musik Dangdut Rambah Amerika

Musik Dangdut Rambah Amerika

Topik Warna Warni kali ini mengenai pelaksanaan kontes musik dangdut di Amerika.

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik. Alat musik utama yang digunakan musik ini adalah Tabla (gendang). Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope (pemberian nama) dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Putu Wijaya, awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu, irama padang pasir, dan "dang-ding-dut" India. Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja. 

Ternyata, musik dangdut mulai merambah Amerika Serikat. Lewat program bertajuk “Dangdut In Amerika”, yang diprakarsai NSR Productions di Amerika Serikat, diharapkan musik dangdut akan segera populer di kalangan warga Amerika Serikat.

Menurut Presiden NSR Productions, Rissa Asnan, program “Dangdut In Amerika” adalah sebuah program musik yang dibawakan oleh warga Amerika melalui audisi publik Amerika dan pelatihan yang dilakukan di Amerika Serikat. Rissa menjelaskan, selain bertujuan memperkenalkan dan mempopulerkan dangdut di Amerika, program ini juga ditujukan sebagai ajang pertukaran seni dan budaya antara Indonesia dan Amerika.

Rissa menambahkan, program “Dangdut In Amerika” ini merupakan pilot project dari program NSR dalam mempopulerkan musik dangdut di Amerika. Di negeri Paman Sam tersebut, acara ini telah diliput oleh berbagai media massa, termasuk Voice Of Amerika (VOA) dan disiarkan di public broadcast di Amerika Serikat. Walau musik dangdut di Amerika saat ini masih belum dikenal secara luas, namun, kemunculan program ini di Amerika telah mendapat perhatian yang cukup besar dari warga Amerika. 

Di sejumlah kota seperti Philadelphia, New York, Washington D.C., dan Wilmington diadakan kontes Dangdut in America 2014, dengan menggelar audisi kontes sejak 21 Maret 2014.

Sebanyak 60 peserta dari empat negara bagian di Amerika Serikat mengikuti kontes ini. Juri yang terdiri atas Rissa Asnan, penyanyi dangdut Ani Hartini (bekas anggota grup Ken Dedes), penyanyi soprano Amerika Catherine Short Arce dan penyanyi R&B Sania, menentukan pemenang kontes dalam pertunjukan final di Sigma Sound Studio, Philadelphia, Minggu, 13 April 2014 waktu setempat. Terpilihlah penyanyi John Shanklin (27), yang menyanyikan lagu "Zakia" dari Achmad Albar, sebagai juara kontes dangdut itu.

Menurut pejabat KBRI Washington DC Heru H Subolo, musik dangdut bisa menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia dan meningkatkan kontak penduduk kedua negara. Sementara penyanyi R&B Indonesia Sania mengatakan penyelenggaraan kontes dangdut semacam itu bisa memudahkan penyanyi dangdut Indonesia yang ingin tampil di Amerika dan sebaliknya.// Devy

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990