Home Warna Warni Angklung Gratis Di Adelaide, Australia Selatan

Angklung Gratis Di Adelaide, Australia Selatan

Festival Indovest di Adelaide, Australia Selatan memberikan angklung sebanyak kurang lebih 300 buah secara gratis kepada para penonton, menjadi topik Warna Warni kali ini. Indofest adalah fesival tahunan yang diselenggarakan di Adelaide, Australia Selatan, bertujuan memperkenalkan "Indonesia" kepada segenap masyarakat di Adelaide.

Festival ini diprakarsai oleh  Australian Indonesian Association (AIA) of South Australia, berkolaborasi dengan kelompok-kelompok atau komunitas masyarakat Indonesia di Adelaide serta the Honorary Consulate of the Republic of Indonesia di  South Australia.

Festival ini menjadi salah satu festival yang diperhitungkan dan menjadi acara penting dalam kalender festival Adelaide serta membuka kesempatan bagi masyarakat South Australiauntuk mengenal lebih dekat budaya dari salah satu negara tetangga terdekatnya. Tahun 2014 merupakan tahun ke-7 kalinya pelaksanaan festival ini, sejak festival ini degelar pada tahun 2008. Tahun ini sebanyak 300 angklung dibagikan gratis kepada pengunjung hari minggu 13 April 2014 lalu di Rymill Park, Adelaide, Australia Selatan.  

Salah satu penampilan yang ditunggu-tunggu pengunjung adalah penampilan angklung dari kelompok Adelindo Angklung, asuhan Ferry Chandra. Penampilan memukau kelompok angklung ini terlihat dari antusias para hadirin saat mereka beraksi di atas panggung. Mulai dari lagu nasional Garuda Pancasila, Manuk Dadali dari Jawa Barat, hingga You Raise Me Up yang dipopulerkan oleh Josh Groban.

Kali ini, para hadirin yang menonton angklung diberi masing-masing satu angklung. Mereka diminta memainkan angklungnya sesuai nadanya masing-masing. Usai berkolaborasi yang melibatkan pemain angklung dan penonton, angklung pun diberikan secara cuma-cuma sebagai kenang-kenangan. Sekitar 300 angklung yang diberikan gratis sebagai kenang-kenangan untuk penonton. 

Sebagaimana acara-acara pada banyak festival lain, makanan pun menjadi daya tarik utama. Ada sekitar 20 stand makanan yang menawarkan jajanan khas Indonesia. Salah satunya adalah warung/stand dari gerobak khas makanan pinggir jalan yang dibeli langsung Tony Becker dari Indonesia. Warung ini menjual nasi kuning, nasi campur khas Bali, dan rujak cingur. 

Menurut Deane Edgecombe, salah satu penggagas yang juga Executive Director Indofest, Indofest dianggap sebagai festival Indonesia paling besar dan paling sukses di Australia, bahkan di dunia. Alasannya, karena merupakan kolaborasi yang melibatkan Kementerian Pariwisata di Indonesia dan dinas terkait di Adelaide. Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990