Home Warna Warni Hallo Sultra 2014

Hallo Sultra 2014

Banyak cara berpromosi yang dilakukan provinsi-provinsi di Indonesia untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerahnya. Salah satunya adalah “Hallo Sultra 2014” yang menjadi topic Warna Warni kali ini.

tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan keragaman hayati bawah lautnya yang luar biasa, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tengah gencar mempromosikan kebudayaan serta sejarah, salah satunya adalah mengenalkan tenun dan kain songket.

Provinsi yang masih berada di dalam bagian Sulawesi ini tak hanya memiliki potensi besar pada industri pariwisatanya, namun juga pada ekonomi kreatif. Para desainer muda mulai mengembangkan kain khas Buton sebagai trend fashion saat ini.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, provinsi ini memiliki warisan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini, seperti tenunan, industri perak dan emas selain keragaman hayati yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke provinsi ini.

Berkaitan dengan hari jadi Sultra ke-50, pada 27 April 2014 mendatang, telah diselenggarakan acara Launching EventPariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara 2014pada tanggal 28 Maret 2014 di Jakarta.

Dalam pelaksanaan acara tersebut terdapat pergelaran seni budaya Sulawesi Tenggara, pemutaran Film Pariwisata, prosesi peluncuran logo Visit Southeast Sulawesi 2015 sekaligus perubahan nama kegiatan yang sudah 6 kali dibuat sejak tahun 2008 yaitu Halo Sultra. Untuk pelaksanaan yang ke 7 tahun 2014 ini, nama kegiatan menjadi Hello Sultra 2014.

Menurut Nur Alam, Gubernur Sultra Langkah utama dalam 'Hello Sultra' adalah dengan menggelar perayaan adat ulang tahun ke-50 Provinsi Sultra. Dimulai pada 21 April 2014 dengan puncaknya pada tanggal 27 April 2014, akan ada banyak pertunjukan yang melibatkan masyarakat setempat. Serta ada juga pertemuan para wakil adat nasional, dihadiri 34 provinsi di Indonesia.

Dalam rangkaian penyelenggaraan Hello Sultra 2014, akan digelar lulo (tarian khas Sultra) secara massal dengan bergandengan tangan di Teluk Kendari dan di lapangan alun-alun Eks MTQ Nasional Kendari dengan target rekor dunia, Kendari karnaval/pawai seni dan budaya, festival kuliner daerah, pawai etnik daerah Sultra, fashion tambang, pertemuan provinsi kepulauan dan seminar-seminar, serta berbagai kegiatan lomba yakni parade lomba kapal hias, lomba mobil hias, lomba gerak jalan mewarnai perayaan Dirgahayu Emas Provinsi Sultra.// Devy

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990