Home Warna Warni Jejak Portugis Di Ternate

Jejak Portugis Di Ternate

Topik Warna Warni kali ini mengenai sebuah benteng peninggalan Portugis di Ternate.

Rempah-rempah, cengkeh dan pala, yang menjadi kekayaan alam di Pulau Ternate mengundang banyak bangsa lain untuk menguasainya pada jaman dulu. Salah satunya bangsa Portugis.

Ada banyak sebutan bagi benteng yang dibangun di belahan utara kota Ternate ini. Toloko atau Santo Lucas atau Tolucco, berada di Kecamatan Sangaji, Ternate, Maluku Utara ini menjadi salah satu jejak penguasaan bangsa Portugis akan rempah di Ternate, sebelum pulau ini jatuh ke tangan Belanda.

Benteng yang terletak dikelurahan sangaji kecamatan kota Ternate utara ini merupakan peninggalan Portugis yang dibangun pada tahun 1540 oleh gubernur jenderal Francisco Serraow. Pada tahun 1610, benteng Toloko direstorasi oleh gubernur jederal belanda Jan Pieter Both. Benteng Tolukko oleh Belanda disebut sebagai Benteng HOLANDIA. Saat ini, benteng batu itu masih berdiri kokoh dengan taman yang terawat.

Ditinjau dari segi pertahanan, Benteng Tolukko terletak ditempat strategis karena di buat diatas Bukit Batuan Beku pada ketinggian 620 cm diatas lembah sekitarnya, dan kurang lebih 10,50 meter diatas permukaan laut. Letaknya yang menjorok ke laut membuat akses ke laut sangat mudah.

Bukit Batuan Beku tempat Benteng Tolukko berdiri memanjang ke arah Barat laut Tenggara. Benteng yang menghadap kearah barat laut dengan sudut 80 derajat nampaknya disesuaikan dengan poros bukit. 

Benteng Tolukko pada masa lalu, pernah difungsikan sebagai benteng pertahanan bangsa Portugis untuk menghadapi pemberontakan rakyat Ternate, serta pada masa Belanda pernah mengizinkan SultanMANDAR SYAH menduduki Benteng Tolukko dengan kekuatan personil 160 orang.

Hingga saat ini Benteng Tolukko masih tetap berdiri dan pernah di renovasi oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku di Ambon pada tahun 1996 dan di jadikan Objek Wisata Sejarah di Masa Sekarang.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990