Home Warna Warni Kendang Sunda Menuju Warisan Budaya Dunia

Kendang Sunda Menuju Warisan Budaya Dunia

Warna Warni. Salah satu alat musik tradisional Indonesia yakni kendang dari provinsi Jawa Barat diupayakan masuk Warisan Budaya Dunia,

 Seni musik di Indonesia, baik tradisional maupun modern sangat banyak, terbentang dari Sabang hingga Merauke. Seni musik tidak bisa lepas dengan alat musiknya. Setiap provinsi di Indonesia memiliki alat musik tradisional dengan ciri khasnya tersendiri.

Alat musik tradisional Indonesia merupakan alat musik khas Indonesia yang memiliki banyak ragam dari pelbagai daerah di Indonesia. Namun, banyak pula dari alat musik tradisional Indonesia tersebut 'dicuri' oleh negara lain untuk kepentingan penambahan budaya dan seni musiknya sendiri dengan mematenkan hak cipta seni budaya dari Indonesia, salah satu contohnya Kendang Sunda.

Untuk menghidari “pencurian” tersebut, kini kendang diusulkan untuk menjadi warisan budaya Jawa Barat (Sunda). Alat musik ini sekarang sedang diteliti Direktorat Jendral Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mendapatkan pengakuan dari Nasional.

Selain diupayakan masuk dalam daftar Hak Akan Kekayaan Indonesia (HAKI), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) pun telah menyosialisasikan beragam keunikan instrumen kendang ini, mulai dari bentuk, ukuran, hingga irama yang dihasilkan melalui berbagai seminar tingkat provinsi ataupun nasional.

Berbagai usaha tersebut sebagai upaya agar kendang Sunda bisa masuk ke dalam warisan budaya dunia yang diakui UNESCO menyusul keris, batik, wayang golek dan angklung yang sudah terlebih dahulu memperoleh pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Fenomena pemakaian kendang sebagai alat musik memang sudah menjamur di Indonesia. Banyak sekali acara-acara musik yang memperlihatkannya di layar kaca dan ditonton oleh semua warga di tanah air.

Bahkan, acara dengan pengiring alat musik kendang ini pun menempati rating teratas dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan kendang sebagai alat musik sudah diakui oleh warga Indonesia.

Pada tahun 2013 lalu, Jawa Barat telah menerima 5 sertifikat Warisan Budaya Nasional dari Kementrian Pendidikan. Ke-5 sertifikat tersebut yaitu Kujang, Calung, Ronggeng Gunung, Gotong Singa dan Aksara Sunda.

Setelah mendapatkan sertifikat tersebut, keberadaan ke-5 Warisan Budaya Nasional tersebut, harus terus dilestarikan tanpa melupakan khas budaya lokalnya. Penilaian yang dilakukan berdasarkan data dan dokumentasi yang otentik sehingga ke-5 Warisan Budaya Nasional tersebut diakui.

Dan seiring dengan pengakuan ini, kebudayaan tersebut semakin dicintai dan disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya warga Bandung sendiri.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990