Home Warna Warni Guru SMP Indonesia Juara Microsoft Educational Global

Guru SMP Indonesia Juara Microsoft Educational Global

Topik Warna Warni kali ini mengenai seorang guru dari Indonesia, tepatnya dari kota Bekasi, Jawa Barat, berhasil menjadi juara pada ajang Microsoft Global Education Forum di Barcelona, Spanyol belum lama ini.  

Nama Indonesia kembali bergema di kancah internasional berkat prestasi yang diraih seorang guru SMP dalam Microsoft in Education Global Forum yang berlangsung 11-14 Maret 2014 lalu di Barcelona, Spanyol. Dia adalah, Saara Suaib Hanafi guru SMP Islam Al Azhar 9 Bekasi yang meraih juara "Learn-a-thon Award" untuk tema pembelajaran aktif abad 21 pada ajang Microsoft Global Education Forum di Barcelona, Spanyol.

Saara bersama 5 guru lainnya yang berasal dari Kanada, Slovakia, Perancis, Kenya dan Argentina bekerja sama untuk memecahkan solusi Millennium Development Goal dalam kompetisi Learn-a-thon untuk kategori Kesetaraan Gender. Learn-a-thon sendiri merupakan aktivitas selama 24 jam yang diikuti para guru dari berbagai belahan dunia untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menampilkan pengunaan teknologi inovatif untuk tiga tema Milennium Development Goals, yakni kemiskinan, keberlanjutan dan kesetaraan gender.

Menurut Kertapradana Subagus, Public Sector Director Microsoft Indonesia Microsoft Global Education Forum merupakan ajang kompetisi pembelajaran berbasis teknologi yang setiap tahun diminati puluhan ribu guru dari seluruh dunia yang melakukan aplikasi online dan mengalami peningkatan peserta hingga 25 persen setiap tahunnya.

Kertapradana menambahkan, tahun ini ada sekitar 300 guru Indonesia dari 23 ribu guru dari seluruh dunia yang melakukan pendaftaran online untuk mengikuti ajang tersebut. Pada seleksi akhir, terseleksi tiga guru Indonesia dari 1100 guru yang terpilih untuk mengikuti ajang di Barcelona dan satu di antaranya yaitu Saara Suaib dan menjadi juara. 

Sementara itu, Saara Suaib Hanafi mengatakan ajang Learn-a-thon merupakan ajang para guru berinovasi menggabungkan antara teknik mengajar dan pemanfaatan perangkat ICT-Information and Communications Technology atau biasa disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi-TIK mengusung tema konsep pembelajaran abad 21.

Menurut Saara, kemenangan yang diraih tidak sekadar berhenti pada hadiah yang diraih tetapi yang lebih penting adalah kesempatan untuk membuka jaringan dengan guru lain di seluruh dunia, membangun komunitas secara online untuk berbagi pengalaman mengenai inovasi pembelajaran yang sangat berharga untuk dibagikan kepada murid-murid dan guru-guru lain di sekolah.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990