Home Warna Warni Film Rangsa Ni Tonun Di Putar Di Maroko

Film Rangsa Ni Tonun Di Putar Di Maroko

Warna Warni kali ini Film dokumenter tentang teknik serta tradisi pembuatan tenun khas Batak, Sumatera Utara, diputar di Maroko menjadi topik Warna Warni kali ini. Sebuah film yang menceritakan dan mendokumentasikan mengenai teknik dan tradisi pembuatan tenun khas Batak, Sumatera Utara, yang dikenal dengan “Ulos”, diputar di Festival Internasional 5th Marrakech Biennale di Kota Marrakech, Maroko.

Film "Rangsa Ni Tonun" menceritakan mengenai  teknik serta tradisi pembuatan tenun khas Batak “Ulos” yang menggunakan alat tenun bukan mesin. Penyelenggaraan Festival Marrakech Biennale untuk pertama kalinya pada tahun 2004, bertujuan untuk menjembatani hubungan yang erat antarkebudayaan dari berbagai negara melalui karya seni yang diadakan di Kota Marrakech, Maroko, setiap dua tahun sekali.

Festival itu dirintis oleh Vanessa Branson, wanita berkebangsaan Inggris, anggota the British Moroccan Society. Penyelenggaraan festival kali ini merupakan yang kelima dan telah banyak menghadirkan karya para seniman dari berbagai negara termasuk Maroko.

Film "Rangsa Ni Tonun" mendapat kehormatan untuk diputar setiap harinya dalam festival ini yang berlangsung sejak 26 Februari lalu hingga akhir Maret 2014. Karya film ini juga dibahas secara khusus dalam program Artist Talk yang diadakan di Hotel Sofitel Marrakech, dengan menghadirkan pembuat film ini.

Film tersebut merupakan karya seniman Jawa, MJA Nashir, bersama Sandra Niessen, Antropolog Belanda-Kanada yang banyak menulis dan meneliti tentang kain tenun Batak. Menurut Sandra Niessen dan MJA Nashir, pembuatan film dokumenter “Rangsa Ni Tonun” didasari antara lain hampir punahnya tradisi tenun Ulos Batak karena minimnya jumlah penenun yang mayoritas perempuan. Saat ini, jumlah penenun yang masih aktif jumlahnya sangat sedikit dan sebagian besar dari mereka adalah orang yang sudah lanjut usia. // Devy        

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990