Home Warna Warni Pesta Danau Toba

Pesta Danau Toba

Pesta Danau Toba atau yang kini berubah nama menjadi Festival Danau Toba di Sumatera Utara, telah usai September 2013 lalu yang ditandai dengan pemukulan gendang khas Samosir taganing.

Mulai tahun 2013 sampai 5 tahun ke depan, Pesta Danau Toba berubah namanya menjadi Festival Danau Toba. Di tahun 2013 ini, Sigale-gale menjadi ikonnya. Sedangkan untuk tahun 2014, Ulos Batak dinobatkan jadi ikon festival tersebut.

Kabupaten Toba Samosir atau biasa disebut Tobasa ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba 2014.

Dipilihnya Ulos Batak sebagai ikon pada Festival Danau Toba 2014 di Kabupaten Toba Samosir, menurut Bupati Toba Samosir, Kasmin Simanjuntak, bagi suku Batak, Ulos tidak hanya berfungsi sebagai lambang penghangat dan kasih sayang melainkan juga sebagai lambang kedudukan, lambang komunikasi, dan lambang solidaritas.

Tenun ikat Batak ini memiliki fungsi simbolik yang tidak dapat dipisahkan dalam aspek kehidupan orang Batak dengan berbagai jenis serta motifnya yang menggambarkan makna tersendiri.

Sebagai tuan rumah perhelatan festival Danau Toba 2014, kabupaten Tobasa telah menyiapkan lapangan Sisingamangaraja sebai tempat penyelenggaraan. Begitu juga dengan waktu pelaksanaan yakni medio Juni hingga Juli 2014.

Hal ini dilakukan bertepatan dengan waktu libur sekolah, salah satu tujuannya adalah untuk mendorong hadirnya masyarakat pada festival tersebut.

Festival Danau Toba 2014 akan dimeriahkan dengan  kegiatan budaya maupun perlombaan-perlombaan antara lain Karnaval Ulos, Lake Toba world drum festival, fashion show, lomba renang internasional dan lomba renang tradisonal serta pameran pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, akan diadakan perlombaan solu bolon sejenis perahu besar (dragon boat), paralayang, arung jeram, seminar pariwisata dan lomba nyanyi.

Di samping itu, akan ditampilkan pula sejumlah atraksi budaya lokal, seperti Monsak Batak (seni olahraga beladiri) dan berbagai permainan rakyat yang dulu sering dimainkan untuk turut diperlombakan. Untuk kegiatan olahraga, festival ini mengandalkan arung jeram menyusuri sungai Asahan.

Selain ulos, seni ukir Gorga Batak Toba yang umumnya hanya menggunakan cat warna merah, hitam, dan putih juga akan dipamerkan dalam festival.// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990