Home Warna Warni Rumah Budaya Indonesia Di 10 Negara

Rumah Budaya Indonesia Di 10 Negara

Dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya bangsa Indonesia kepada dunia, direncanakan akan dibangun Rumah Budaya Indonesia (RBI) di 10 negara, Hal inilah yang menjadi topik Warna Warni edisi kali ini

Indonesia menjadi negara dengan kekayaan budaya terlengkap didunia. Tetapi sayangnya hingga saat ini Indonesia belum memiliki satupun rumah budaya di negara lain.

Padahal, sejumlah negara asing sudah membangun rumah budayanya di Indonesia. Seperti Belanda dengan Erasmus Huis, Jerman dengan Goethe Institut dan sebagainya.

Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-Wamendikbud bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, tidak adanya rumah budaya diluar negeri membuat diplomasi budaya Indonesia menjadi lemah. Dan hal tersebut tidak mendukung pembangunan citra positif Indonesia di dunia Internasional.

Pemilihan konsep rumah dalam promosi budaya ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan masyarakat Indonesia dengan dunia luar. Dengan mengunjungi rumah ini pengunjung akan merasa nyaman untuk menggalang kerja sama.

Atas dasar itulah, mulai tahun ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Kemendikbud berencana membangun sedikitnya 10 rumah budaya di 10 negara secara bertahap. Negara-negara tersebut anatara lain Timor Leste, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jepang, Jerman, Prancis dan Singapura.

Timor Leste menjadi negara tujuan pertama untuk dibangunnya RBI pada tahun ini, dan diperkirakan akan selesai pada bulan September 2014. 

Menurut penjelasan Kacung Marijan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, bentuk rumah budaya di 10 negara tersebut tidak akan sama. Karena pada dasarnya pembangunan RBI bukan sekadar pembangunan fisik semata, tapi juga aktivitas. Khusus untuk bangunan fisik, desain RBI akan disayembarakan terlebih dahulu.

Khusus untuk RBI pertama di Timor Leste, RBI yang dibangun merupakan rumah budaya plus. Karena selain berfungsi sebagai media promosi budaya, desain bangunan RBI ini juga disertai bangunan rumah pintar sebgai tempat pelatihan. 

Diharapkan, keberadaan rumah budaya Indonesia di sejumlah negara tersebut dapat menjadi  media untuk mengkomunikasikan kekayaan budaya Indonesia ke mancanegara. Dengan mengetahui tentang budaya Indonesia, diharapkan angka kunjungan wisatawan asing ke Indonesia akan meningkat.// DEvy

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990