Home Warna Warni Kota Medan Punya Museum Kain Tenun

Kota Medan Punya Museum Kain Tenun

Topik Warna Warni kali ini mengenai diresmikannya sebuah museum khusus kain tenun tradisional dari Sumatera.

diawali dengan kecintaannya dan kedekatannya dengan kain tenun seperti ulos dan songket, Torang Sitorus bermimpi dapat membangun museum khusus kain tenun di kotaMedan, Sumatera Utara. Pada akhirnya mimpi tersebut terwujud dengan diresmikannya Sumatera Loom Gallery pada hari Jumat 21 Maret 2014 lalu oleh Ketua Pecinta Tenun Indonesia, Okke Hatta Rajasa.

Terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Medan, Sumatera Utara, museum seluas 360 meter persegi ini memiliki lebih dari 500 helai kain tenun, termasuk ulos Batak asal berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut), kain songket Minangkabau asal Sumatera Barat (Sumbar), dan kain songket Palembang asal Sumatera Selatan (Sumsel).

Bagi Torang, pendirian museum itu tidak semata-mata untuk bisnis, tapi ditujukan juga untuk edukasi pengenalan tahapan tekstil dan tenun. Dengan kata lain, galeri ini didirikan untuk menumbuhkembangkan semangat revitalisasi dan pelestarian kain tenun tradisional Sumatera serta meningkatkan kepariwisataan di Sumatera dan Medan khususnya.

Menurut Okke Hatta Rajasa, Ketua Pecinta Tenun Indonesia, tenun telah menjadi bagian dari kehidupan Nusantara. Sebagai pecinta tenun Indonesia, pihaknya berupaya melestarikan tenun melalui berbagai program mulai dari pemberdayaan kerajinan, pemasaran produk, hingga pengetahuan terkini tentang tenun. Dengan berbagai upaya itu tenun bisa terus dilestarikan.

Okke menambahkan, dengan adanya “Sumatera Loom Gallery” diharapkan dapat menjadi penyemangat dan inspirasi bagi pecinta dan penggiat industri tenun tradisional untuk mengembangkan budaya daerah.

Selain ruang pamer, Sumatra Loom Gallery ini juga dilengkapi dengan ruang tenun, perpustakaan, butik dan cafe. Dengan adanya fasilitas ini,Torang berharap akan semakin banyak warga Sumut yang tertarik dan turut menjaga warisan budaya tradisional Sumatera yang tidak ternilai harganya.

Dukungan seluruh lapisan masyarakat yang cinta terhadap wastra/kain tenun tradisional sangat diharapkan. Museum kain tenun tradisional merupakan salah satu wadah yang efektif untuk belajar mengenali identitas wastra/kain tenun tradisional secara mendalam sesuai dengan asal daerah masing-masing.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990