Home Warna Warni Nugget dari Keong Mas

Nugget dari Keong Mas

Warna Warni, Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Nugget dari Keong Mas.

Keong Mas  atau Pomacea canaliculata Lamarck, dapat ditemukan di persawahan, rawa-rawa maupun di dekat sungai hampir di seluruh Indonesia. Binatang ini kerap diburu para petani karena dianggap sebagai hama yang dapat merusak tanaman padi muda. Inilah yang menjadi awal munculnya ide untuk memanfaatkan keong mas menjadi produk yang bernilai jual. Sejumlah ibu rumah tangga warga Dusun Batu Alang, Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, diberdayakan untuk membuat makanan olahan nugget dengan menggunakan bahan baku keong mas. Menurut Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah Nusa Tenggara Barat (Arpusda NTB) Ir H Mokhlis Msi, untuk merealisasikannya, Mokhlis menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS). Menurut Mukhlis, keberadaan keong mas selama ini menjadi masalah para petani di lapangan. Keong mas dikenal sebagai hama padi yang paling ganas, karena meretas batang padi yang masih halus. Semakin banyak air di sawah, semakin mudah keong ini berkembang biak dan tak dapat dibendung.

Upaya petani untuk membasmi tak membuahkan hasil, karena sebagian dari keong ini kebal terhadap semprotan pestisida. Maka, dengan cara mengolah keong mas menjadi produk bernilai dan bermanfaat, secara tidak langsung akan mengurangi jumlah hama tersebut.  Dikatakannya, selama sebagian kecil masyarakat sudah mengolahnya menjadi sate yang dimasak dengan santan. Ide membuat nugget menjadi yang pertama kalinya. 

Ia berharap melalui pengetahuan tentang pengolahan keong mas menjadi nugget yang langsung dipraktikkan, para ibu warga Dusun Batu Alang mendapatkan nilai tambah dari sisi ekonomi, disamping menjadi solusi atas persoalan hama tanaman.  Lailatul Azkiyah STP MP, dosen setempat sekaligus tutor membuat nugget keong mas, menyatakan keong mas yang dianggap hama memiliki nilai gizi yang tinggi, karena setiap 100 gram mengandung 16,1 gram protein. Keong mas juga diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Selain menjadi makanan yang dapat dipasarkan, nugget keong mas dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Keong juga mengandung mikronutrien berupa mineral yakni kalsium yang berguna untuk tubuh manusia. Bila diolah dengan cara tepat, keong dapat menjadi sumber protein hewani yang berkualitas tinggi. // Wati

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990