Home Warna Warni Obat Luka Dari Tanaman Binahong

Obat Luka Dari Tanaman Binahong

Warna Warni. Kali ini dengan topik obat luka berbentuk gel yang dibuat oleh tim farmasi ITB dari tanaman binahong.

Berbagai jenis tanaman liar banyak tumbuh di berbagai tempat. Beberapa tanaman liar ini bahkan memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat. Salah satunya ialah Anredera Cordifolia atau disebut binahong. Tak sedikit yang menjadikannya tanaman hias. Namun, masih sedikit yang memanfaatkan binahong untuk pengobatan.

Belum optimalnya pemanfatan tanaman binahong untuk obat, membuat sekelompok anak muda Sains Teknologi Farmasi ITB yakni Arsy, Ifan, dan Riri berusaha membuat binahong menjadi produk kesehatan. Mereka bertiga merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menuju fase akhir pendidikan akademik di ITB. 

Menurut Ifan, kebanyakan obat luka itu berbentuk cair atau salep. Kedua jenis obat luka tersebut, biasanya tidak efektif bila digunakan. Misalnya, obat luka berbentuk cair, ketika di teteskan ke luka akan meluber. Sementara obat luka salep mengharuskan tangan tetap bersih. Selain itu, penggunaan binahong secara tradisional membutuhkan persiapan dan kurang simple.

Karena alasan tersebut, mereka lebih memilih mengolah binahong sebagai obat luka dalam bentuk gel yang diberi nama AC Spray, singkatan dari Anredera Cordifolia Spray yang menurut Ifan agar lebih praktis dan higienis.

Riri dan rekan-rekannya hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadikan tanaman binahong dalam bentuk AC Spray.

Daun binahong yang telah dikeringkan dan diekstraksi dengan metode maserasi (perendaman dalam pelarut etanol) selama 24 jam. Hasil ekstraksi kemudian disaring dan diuapkan hingga seluruh etanol menguap.

Hasil akhir berupa ekstrak murni kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan pembentuk gel. Gel memiliki karakter yang sesuai kehendak dan dapat digunakan secara optimum. Kemudian mereka mengemas gel binahong yang sudah jadi ke dalam botol semprot berkapasitas 30 ml.

Ifan menjelaskan cara kerja AC Spray ini, hanya dengan menyemprotkan dengan jarak kira-kira 5 cm tanpa harus terjadi kontak antara tangan denga luka. Gel yang disemprotkan, langsung membentuk lapisan film yang memungkinkan obatnya lebih lama berkonsentrasiuntuk menyembuhkan luka.

Inovasi AC Spray ini, menjadikan Ifan, Arsy dan Riri menjadi juara kedua pada Lomba Produk Kesehatan Nasional (LPKN), perlombaan bertaraf nasional yang digelar Farmasi ITB pada November 2013 yang lalu.// Devy

 

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990