Home Warna Warni Jakarta Tuan Rumah World Islamic Tourism Mart 2014

Jakarta Tuan Rumah World Islamic Tourism Mart 2014

Warna Warni topik kali ini mengenai kota Jakarta yang akan menjadi tuan rumah sebuah perhelatan bertaraf internasional mengenai pariwisata syariah. 

Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia sebelah tenggara. Meskipun jauh dari negara asal agama Islam, namun penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia sangatlah besar, yaitu sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia. Indonesia merupakan negara muslim terbesar di seluruh dunia.

Dengan jumlah penduduk yang beragama Islam terbesar di dunia, pada Oktober 2014 nanti, Indonesia khususnya kota Jakarta akan menjadi tuan rumah perhelatan “World Islamic Tourism Mart (WITM) 2014”. WITM merupakan pasar pariwisata syariah yang selama dua tahun sebelumnya diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Menurut Dato’ Mohamad Khalid Harun, Chairman WITM, dengan  populasi penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia khususnya Jakarta dipilih sebagai tempat ketiga pelaksanaan WITM 2014.

Ditambahkan Dato’, WITM menjadi tempat berpromosi bagi negara-negara yang tertarik dengan pariwisata syariah yang telah memiliki cukup makanan halal, tempat shalat, dan penginapan. Akan tetapi, tidak hanya negara berpenduduk mayoritas Islam saja yang berpromosi di WITM, sebut saja Jepang, negara berpenduduk mayoritas non Islam ini menawarkan paket wisata syariah di ajang pameran ini.

Untuk itu di tahun mendatang, sembilan destinasi akan menjadi wilayah tujuan wisata syariah, yakni Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, dan Lombok.

Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuti kesembilan wilayah tujuan wisata syariah tersebut dipilih karena telah menyediakan banyak tempat makan halal, tempat peribadatan yang mudah dijangkau. Selain itu, penerapan wisata syariah juga harus didukung kesiapan sumber daya manusia, budaya masyarakatnya, produk wisata daerah, serta akomodasi wisatanya. 

Potensi wisata syariah di Indonesia sangat besar dan bisa menjadi alternatif selain wisata konvensional. Sekitar 7 juta wisatawan dan 17 persen di antaranya merupakan wisatawan Muslim.

Oleh karena itu, promosi aktif wisata syariah diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Muslim agar naik menjadi 20 persen hingga 25 persen pada 2014-2015. Kunjungan wisatawan Muslim ke Indonesia mencapai 1.270.437 orang per tahun yang berasal dari Arab Saudi, Bahrain, Malaysia, Brunei, dan Singapura.// Devy

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990