Home Warna Warni Kepulauan Seribu Akan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Wisata Bahari

Kepulauan Seribu Akan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Wisata Bahari

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wilayah ini memiliki kekayaan dan aneka ragam hayati laut. Bagi pemilik hobi memancing, sudah tak asing lagi dengan Kepulauan Seribu, karena wilayah ini kaya akan berbagai jenis ikannya.

Di wilayah kabupaten ini juga terdapat pula sebuah zona konservasi berupa taman nasional laut bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga terdapat  zona konservasi, maka tidaklah mengherankan bilamana pengembangan wilayah kabupaten ini lebih ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata.

Dengan beragam kekayaannya ini, tidak lama lagi, Kepulauan Seribu tampaknya akan menyandang status baru sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata khususnya wisata bahari. Haltersebut diungkapkan oleh Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan, Edy Putra Irawady.

Menurut Edy, jika Kepulauan Seribu menjadi KEK wisata bahari maka Bupatı Kepulauan Seribu akan dıangkat menjadı Kepala Badan Pengelola layaknya Batam. Bupati Kepulauan Seribu akan berkoordinasi dan bersinergi dengan para pengelola, pasalnyadari 132  pulau yang ada di wilayah ini, 124 pulaudiantaranya dikelola institusi.

Dengan menyandang status sebagai KawasanEkonomi Khusus wisata bahari, Kepulauan Seribu akan dibagi menjadi 8 zona pulau dıantaranya zona wisata belanja di Pulau Tidung, Pulau Pramuka sebagai kawasan wisata pendidikan dan pelatihan, kemudian Pulau Pari sebagai kawasan olahraga air, dan lain sebagainya

Pengembangan wısata baharı dırasakan pentıng mengıngat kondısı geografıs Indonesıa yang merupakan negara kepulauan dengan keanekaragaman hayatı dan kekayaan budaya yang menarık dan potensıal untuk dıkembangkan sebagai destınası wısata baharı.// Devy

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990