Home Warna Warni Kekulat, Berkah Di Musim Hujan

Kekulat, Berkah Di Musim Hujan

Acara Warna Warni. Kali in dgn judul Jamur atau "kekulat" yang bisa memberi penghasilan tambahan bagi masyarakat di provinsi Nusa Tenggara Barat, 

musim hujan tidak hanya berdampak negatif, tapi bisa juga berdampak positif. Bagi warga Dusun Serading, Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat,  musim hujan membawa berkah, karena di musim ini banyak bermunculan jamur atau "kekulat" di berbagai tempat yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi mereka.

Menurut Adnan, salah seorang warga dusun Serading, warga akan mencari kekulat yang tumbuh setelah hujan turun di malam hari. Kekulat di wilayah Seradin memang banyak dijumpai di saat musim hujan tiba.

Rahman, warga Serading lainnya, menyatakan, dia mencari penghasilan tambahan dengan menjual kekulat yang tumbuh setahun sekali hanya pada saat musim hujan. Rahman memperoleh pendapatan tambahan per hari berkisar Rp 120 Ribu hinga Rp 150 Ribu. Dari hasil penjualan kekulat, Rahman mampu memenuhi kebutuhan peralatan sekolah untuk anak-anaknya.

Musim kekulat bukan hanya dimanfaatkan bagi penduduk setempat, melainkan warga lainnya dari Sumbawa Besar, juga turut memburunya.

Pembeli kekulat pun cukup beragam, mulai dari pegawai pemerintahan, pengusaha hingga masyarakat biasa. Bahkan, pelancong dari luar daerah pun tidak jarang mendatangi para penjual yang berjejer di pinggir jalan utama ke arah timur Ibu kota Sumbawa Besar, dan membeli beberapa ikat kekulat.// Devy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990