Home Warna Warni 561 Desa Wisata Baru Di Tahun 2014

561 Desa Wisata Baru Di Tahun 2014

Warna Warni Topik kali ini mengenai desa wisata baru yang akan dikembangkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2914. 

untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, selama 2014 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana akan mengembangkan desa wisata sebanyak 561 yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahap awal program ini dimulai di 19 provinsi.

Menurut Oneng Setya Harini, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kemenparekraf, di 19 provinsi tersebut akan dilakukan peningkatan kapasitas masyarakat mengenai pariwisata serta pelatihan-pelatihan pendukung lainnya, seperti pelatihan bahasa asing, kesenian, kuliner, dan pendalaman seni dan budaya. 

561 desa wisata yang ditargetkan terbentuk tersebut, didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata, sebesar Rp 75 juta hingga Rp 100 juta untuk tiap desanya.

Oneng mengatakan, bantuan ini bertujuan salah satunya untuk membentuk masyarakat sadar wisata. Diharapkan masyarakat setempat mampu menyadari dan mengolah potensi wisata yang ada di desa mereka sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kawasan obyek wisata.

untuk menjadi Desa Wisata, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya memiliki potensi wisata dan aksesibilitas, terdapat aktivitas pariwisata di sekitar desa.

Selain membentuk desa wisata, pihak Kemenparekraf juga sedang mengembangkan jaringan desa wisata untuk meningkatkan pariwisata berbasis masyarakat dan budaya lokal.
Jaringan tersebut akan menghubungkan sekitar 1.400 desa wisata dan akan terus ditambah, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran pengalaman dan informasi sekaligus memberikan pilihan bagi wisatawan.// Devy 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990