Home Warna Warni Pesta Kemenangan Warga Maluku

Pesta Kemenangan Warga Maluku

Warna Warni. Kali ini dengan topik ucapan tanda terima kasih atas kemenangan atau hasil panen dalam bentuk tarian yang asli dibuat warga Ambon.   Apa yang akan anda lakukan, jika anda memperoleh kemenangan melawan sesuatu atau memperoleh hasil panen yang cukup memuaskan?

Masyarakat Ambon di provinsi Maluku melakukan sebuah tarian yang dinamakan Tari Saureka-reka sebagai bentuk ucapan tanda terima kasih atas hasil panen pohon sagu yang didapatkannya. Selain sebagai ungkapan rasa syukur terhadap musim panen sagu yang dihasilkannya, tarian ini pun dilakukan atas bentuk terima kasih kepada Tuhan melawan penjajah. 

Menurut Alex Salahatu, pelatih tari pada sanggar seni Wairanang mengatakan munculnya tarian saureka-reka adalah bentuk ucapan tanda terima kasih atas hasil panen pohon sagu yang didapatkannya. Tarian saureka-reka ini ada karena merupakan bentuk terima kasih para petani sagu terhadap musim panennya, maka semua bahan yang dipakai dalam tarian ini hampir 100 persen dari pohon sagu. // DEvy

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990