Home Warna Warni Peralatan Sepakbola Indonesia Makin Diminati

Peralatan Sepakbola Indonesia Makin Diminati

Perhelatan akbar Piala Dunia 2014 di Brasil, sudah di depan mata. Gegap gempita untuk menyambut ajang paling bergengsi di dunia sepak bola itupun mulai terasa, termasuk di Indonesia. Walaupun Tim Nasional Indonesia tidak turut menjadi peserta, namun tidak mengendurkan antusiasme masyarakat untuk menyambutnya. Antusiasme itu sangat terasa di Kabupaten Majalengka. Betapa tidak, bola buatan masyarakat Majalengka turut memeriahkan ajang tersebut. Bola itu diproduksi PT Sinjaraga Santika Sport (Triple‚ÄôS) di daerah Liangjulang, Kabupaten Majalengka. Bola Triple S pertama kali digunakan dalam ajang Piala Dunia 1998 di Perancis. Kala itu, bola asli produk Indonesia tersebut digunakan para pemain top dunia. Semenjak peristiwa itu, bola sepak Triple S pun laris manis di pasaran ekspor.

Bola itu kemudian diekspor ke berbagai negara, di antaranya Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Belanda, Jerman, Prancis, Kuwait, Brasil maupun negara-negara di benua Afrika. Pesanan si kulit bundar itu meningkat tajam ketika persiapan piala dunia baru dilakukan.Pada Piala Dunia 2014 yang akan berlangsung di Brasil, bola Triple S kembali menggelinding ke Negeri Samba tersebut. Namun, bola asli Majalengka itu tidak digunakan di dalam pertandingan melainkan untuk acara-acara pendukung dan promosi piala dunia. Hal itu dikatakan Direktur Ekspor Impor PT Sinjaraga Santika Sport, Jefry Romdonny. Menurutnya, sebanyak kurang lebih satu juta buah bola dikirim ke Brasil. Bola Triple S pun telah mendapatkan sertifikat dari FIFA, sertifikat ISO 9001:2000, dan lisensi dari CE (Community Europe). Karena itu, tidak mengherankan jika bola ini digemari pasaran ekspor dunia karena kualitasnya telah memenuhi standar internasional. 

Selain bola, sejumlah peralatan sepakbola lainnya yang sudah mendunia adalah sepatu sepak bola. Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia Eddy Widjanarko mengatakan, tidak sedikit pemain di Liga Inggris dan Liga Spanyol yang menggunakan sepatu buatan Indonesia berlisensi merek seperti Adidas dan Nike sejak lama. Sepatu yang dipakai pemain bola internasional memiliki spesifikasi khusus, sesuai pesanan atlet atau pihak terkait. Produsen sepatu di Indonesia bertugas membuatkan sepatu-sepatu pesanan tersebut. Eddy mengatakan, produsen sepatu di Indonesia telah banyak memasok produk-produk sepatu olahraga selama lebih dari 10 tahun ke seluruh dunia. Menurutnya, selama ini Indonesia sudah menjadi tempat riset untuk pembuatan sepatu-sepatu olahraga internasional. Hasilnya tak sedikit digunakan atlet internasional seperti pemain-pemain sepakbola di Liga Inggris, Spanyol, atau bahkan di Piala Dunia 2014 nanti.// Wati

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990