02September2014

Kain Tenun NTT

 

Pekerjaan menenun sudah mendarah daging bagi penduduk NTT. Bahkan mereka meyakini kegiatan menenun adalah pekerjaan yang diturunkan oleh Dewa. Tak heran jika NTT sangat kaya akan ragam kain tenun ikat.

Keragaman kain tenun di NTT dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:  kepercayaan masyarakat, adat istiadat yang dianut daerah tersebut, kondisi alam sekitar, seperti binatang dan tanamannya, yang kerap menginspirasi sebuah hiasan, adanya pengaruh dari daerah di sekitarnya, karakter dan pola kehidupan dari masyarakat tersebut.

pulau-pulau  di NTT yang kental budaya menenunnya adalah Rote, Ndao, dan Sawu. Untuk urusan motif dan teknik, tenun di tiga daerah tersebut mempunyai kesamaan dan juga perbedaan. Teknik menenun masyarakat di tiga pulau tersebut bisa digolongkan ke dalam tiga cara, yaitu tenun ikat, tenun buna, dan tenun lotis. Motif tenun dari ketiga pulau tersebut senada karena saling mempengaruhi. Umumnya, bermotif floral dan motif geometris yang terangkai halus dalam beberapa jalur.

Masing-masing pulau mempunyai  ciri tenun. Kain tenun ikat dari Rote biasanya berupa kain sarung yang disebut pou, selimut untuk anak lelaki yang disebut lava, atau delava yakni selendang. Warna khas tenun Rote adalah coklat, biru, kuning, dan hitam, dengan motif bunga dan dedaunan. Bentuk tumpal(bidang segitiga) dan belah ketupat menjadi motif bagian bawah kain tenun.

Sementara itu, motif tenun ikat dari Sawu dipengaruhi oleh sistim kekerabatan yang rumit di dalam masyarakatnya. Motif bunga besar dan warna biru tua kombinasi merah terang melambangkan keanggotaan pada klan besar. Sementara motif bunga kecil dan warna biru muda menandakan keanggotaan pada klan kecil.

Motif tenun ikat di daerah Ndao mengandung unsur motif tenun ikat dari Rote dan Sawu. Banyak orang Ndao yang bekerja secara musiman di pulau Rote dan sawu. Atau sebaliknya, pesanan kain tenun pulau Rote dan Sawu dikerjakan oleh penenun Ndao di Ndao. //Brg

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990