Home Pesona Indonesia Indahnya Pulau Abang Kecil, Batam

Indahnya Pulau Abang Kecil, Batam

Pada Pesona Indonesia edisi kali ini, saya akan mengajak Anda untuk menikmati indahnya pulau abang kecil di Batam.

Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau. Kota Batam juga terkenal akan pusat perbelanjaannya yang bernama Nagoya. Di kota ini anda juga dapat menikmati keindahan pulau Abang Kecil, yang merupakan salah satu dari gugusan Kepulauan Abang. Pulau Abang Kecil terletak di sebelah selatan kota Batam. Dinamakan Pulau Abang Kecil karena kondisi alam, pantai dan bawah lautnya mirip Pulau Abang, perbedaannya, pulau ini lebih kecil. Untuk menuju Pulau Abang Kecil, dibutuhkan perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Pulau Abang dengan menggunakan kapal motor.

Wisata bahari ke Pulau Abang dan Abang Kecil patut masuk daftar kunjungan Anda selama bertandang ke Kepulauan Riau atau Batam. Pulau Abang Kecil memiliki pantai mempesona, berpasir putih dan bebatuan karang berbagai ukuran yang tersusun acak mengelilingi pulau. Taman laut pulau ini memiliki keanekaragaman terumbu karang hidup yang masih terawat dengan baik tidak kalah indah dengan Bunaken dan Raja Ampat. Spesies terumbu karang langka yang dapat ditemukan di perairan pulau ini salah satunya adalah blue coral. Jenis terumbu karang ini hanya mampu hidup di perairan yang airnya masih bersih. Berbagai macam jenis ikan hias yang mendiami kawasan sekitar menjadikannya sebagai rumah nyaman mereka.  

Memang tidak banyak yang bisa dilakukan di daratan pulau ini kecuali berjalan-jalan di sekitar pantai atau berkemah. Daratan Pulau Abang Kecil banyak ditumbuhi rumput liar dan berbagai jenis pepohonan khas pantai. Akan tetapi, di sinilah Anda akan benar-benar merasakan kedamaian dari suasana alami dan tenang. Ketika wisatawan datang ke pulau ini, aktivitas utama yang dilakukan adalah snorkeling dan menyelam. Pulau Abang kecil memiliki beberapa tempat sempurna untuk melakukan keduanya.

Tidak tersedia penginapan dan hotel di Pulau Abang kecil, jadi Anda yang ingin bermalam di pulau ini jangan lupa membawa perlengkapan kemah. Apabila Anda tidak memutuskan untuk bermalam di Pulau Abang Kecil maka bisa bermalam di Kota Batam. Waktu tepat mengujungi Pulau Abang kecil adalah antara Maret hingga November. Pada bulan-bulan tersebut kondisi cuaca dan angin bersahabat. Jangan lupa untuk membawa perbekalan, mulai dari pakaian ganti, makanan dan minuman, sampai perlengkapan menyelam.

Untuk menuju Pulau Abang Kecil terlebih dahulu Anda harus menuju Pulau Abang yang ada di selatan Kota Batam. Perjalanan ke Pulau Abang akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan mobil dari Batam dengan tujuan Jembatan Balerang. Berikutnya perjalanan dilanjutkan ke Sungai Budus, jarak Sungai Budus ke Pulau Abang sekitar 12 km dengan kapal motor. Dari Pulau Abang, perjalanan ke Pulau Abang Kecil dilanjutkan menggunakan kapal motor atau masyarakat setempat menyebutnya pongpong. Harga sewa kapal motor tergantung negosiasi Anda dengan pemilik kapal. Biasanya mereka menetapkan harga Rp1.000.000,-. Perjalanan ke Abang Kecil memakan waktu sekitar 3 jam.// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990