19September2017

Home Pesona Indonesia Gunung Tujuh, Danau Penuh Pesona Dan Misteri

Gunung Tujuh, Danau Penuh Pesona Dan Misteri

Pada Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati danau Gunung Tujuh yang penuh pesona dan misteri di Jambi.

Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra. Provinsi ini kaya akan keindahan alamnya yang mempesona. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika Anda datang ke Jambi adalah danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci,Jambi.

Udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya. Selain sebagai tempat melepas penat dan bersantai, danau ini juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian nelayan setempat. Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik yang menawan dan tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.

Masyarakat Kerinci mengenali Danau Gunung Tujuh sebagai Danau Sakti. Hal tersebut dikaitkan dengan air danau yang senantiasa bersih dimana dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar danau tidak nampak di airnya. Sering pula diceritakan terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba di danau ini. Sebagian warga sekitar menyebut danau ini dengan nama Danau Para Dewa yang menyimpan pesona sekaligus misteri.

 Jika Anda ingin menikmati pesona dan misteri danau ini tidak tersedia hotel dan penginapan di sekitar danau Gunung Tujuh tetapi Anda bisa menemukan beberapa homestay tidak jauh dari Desa Pelompek masih di lokasi danau Gunung Tujuh. Pilihan lain adalah Anda menginap di kota Sungai Penuh karena di lokasi tersebut terdapat hotel kelas melati dengan pelayanan cukup baik. Harganya berkisar Rp100.000,- sampai Rp150.000,- per malam. Suhu di danau Gunung Tujuh pada siang dan malam hari tergolong dingin. Rata-rata 16º-17º C di siang hari dan 10º-11º C pada malam hari sehingga mengharuskan Anda membawa jaket apabila berkunjung ke sini.

Danau Gunung Tujuh terbilang mudah dijangkau dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Kerinci dan Jambi. Ada dua rute untuk menuju Danau Gunung Tujuh. Rute pertama, dari pos jaga kawasan Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 3 km sekitar 2,5 jam. Rute kedua, dari belakang wisma tamu Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 2,5 km. Bagaimana, siapkah Anda menelusuri pesona dan misteri danau Gunung Tujuh di Jambi?.// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990