Home Pesona Indonesia Putussibau, Pintu Gerbang Petualangan Di Jantung Kalimantan

Putussibau, Pintu Gerbang Petualangan Di Jantung Kalimantan

Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda ke kota putussibau yang merupakan pintu gerbang petualangan Anda di jantung Kalimantan Barat.

Putussibau adalah ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu yang berjarak sekira 800 km dari Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Kota yang dihuni sekira 23.000 jiwa ini merupakan kota terbesar di Kapuas Hulu dan menjadi pintu masuk menuju dua destinasi ekowisata utama di jantung Borneo, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum dan Taman Nasional Betung Kerihun. Putussibau  berada di hulu Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan kedua terpanjang di dunia setelah Sungai Amazon.

Nama Putussibau didapat dari nama sungai, yaitu Sibau. Sungai Sibau ini mengalir ke Sungai Kapuas. Seolah-olah Sungai Sibau memutus Sungai Kapuas. Oleh karena itu, daerah yang berada dekat dengan Sibau memutus Kapuas sehingga diberi nama Putussibau. Sebagai gerbang menelusuri taman nasional, sungai, dan rumah-rumah adat di Kalimantan, Putussibau jelas memiliki peran penting dalam menunjang industri wisata andalan Kalimantan Barat. Di kota ini Anda dapat menemukan penginapan dan berbagai fasilitas dan akomodasi lainnya. Lokasinya yang trategis tentu menjadi nilai tambah sebagai kota penunjang wisata.

Untuk mengelilingi Kota Putussibau dan menyaksikan sendiri pesona kota ini, ada banyak pilihan cara dan alat transportasi yang dapat menjadi pertimbangan. Tentunya semuanya itu tergantung kebutuhan, minat dan kepentingan Anda. Menggunakan angkutan umum untuk berkeliling kota sekitar Putussibau adalah cara  menarik untuk lebih mengenal kehidupan kota ini. Anda dapat menggunakan oplet sebagai angkutan umum yang biasa beroperasi di Putussibau. Selain menggunakan jasa oplet, untuk rentang perjalanan yang lebih panjang dan luas, pilihlah jenis kendaraan bus. Bus ini dapat mengantar Anda menuju tempat-tempat menarik di Kabupaten Kapuas Hulu.

Menjajaki Putussibau sambil bersepeda dapat pula menjadi pilihan. Akan tetapi perlu diingat bahwa cuaca mungkin agak sedikit panas Jalur-jalur yang dapat dilewati sepeda juga bervariasi terlebih apabila Anda hendak mencapai tepian sungai dimana harus melewati jalan yang tak beraspal. Sebagai daerah hulu sungai, tentunya alat transportasi perahu menjadi salah satu kendaraan wajib. Rasakan pengalaman meyusuri sungai terpanjang di Indonesia sambil menyaksikan hijaunya alam tropis Kalimantan berikut flora dan fauna yang menjadi penghuninya. Perahu atau kapal motor dapat Anda sewa di lokasi pemberhentian perahu, dekat dengan pasar tradisional.

Apabila menyewa kapal untuk pesiar di sepanjang Sungai, pastikan Anda terlebih dahulu menegosiasikan harga sewa perahu atau kapal motor. Tarifnya terbilang mahal, Sewa speed boat  per hari mencapai Rp2.500.000,- hingga Pulau Tekenang. Untuk perjalanan ke pedalaman Kalimantan, disarankan Anda menggunakan jasa agen perjalanan// Nuke

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990