Home Pesona Indonesia Berpetualang Di Lanjak, Kalimantan Barat

Berpetualang Di Lanjak, Kalimantan Barat

Pesona Indonesia Pada edisi kali ini saya akan mengajak Anda untuk berpetualang di Lanjak, Kalimantan Barat.

Bagi Anda yang gemar berpetualang di alam liar maka menjelajahi pesona dan kekayaan hutan tropis tentu menarik untuk dimasukkan ke dalam agenda wisata berikutnya. Untuk dapat menjelajahi dan menikmati kekayaan taman nasional di berbagai daerah di Nusantara maka Anda tentu perlu memikirkan tempat menginap dan beristirahat selama penjelajahan tersebut. Untuk itulah, keberadaan kota yang menjadi gerbang wisata ke suatu destinasi utama di daerah mempunyai peran yang sangat penting.

Lanjak adalah ibu kota Kecamatan Batang Lupar, salah satu wilayah di Kapuas Hulu yang menjadi gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Danau Sentarum, di Kalimantan Barat. Kota Lanjak letaknya strategis yaitu di utara, berbatasan langsung dengan Malaysia (Serawak). Kota ini mulai dikelola dan diarahkan sebagai kota wisata karena memiliki keunggulan dan potensi wisata. Bukit Lanjak atau Genting Lanjak misalnya, adalah salah satu bukit tertinggi di Lanjak yang terkenal sebagai tempat terbaik melihat pemandangan Danau Sentarum dari atas, selain Bukit Tekenang.

Kota Lanjak berjarak sekitar 900 kilometer dariPontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Untuk mencapainya, dari Pontianak Anda dapat menumpang bus selama kurang lebih 16 jam atau selama sekitar 2 jam menggunakan pesawat menuju Putussibau. Jarak Putussibau ke Lanjak sekitar 123 km. Dari Putussibau, perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Badau atau Lanjak sekitar 5 jam.

Mengingat lokasi Kota Lanjak agak terpencil dan kehidupan masyarakatnya yang relatif masih tradisional, keberadaan hotel mewah nyaris tidak ada; Akan tetapi, bukankah ini merupakan suatu petualangan sendiri untuk mencicipi hidup sejenak dekat dengan alam liar. Sebagian besar masyarakat adat masih menggantungkan hidupnya pada alam dan sungai. Kegiatan mandi dan mencuci masih dilakukan di sungai yang mengalir di belakang atau di dekat rumah mereka. Mungkin ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda untuk hidup sejenak ala masyarakat setempat.

Jika Anda memutuskan untuk hidup bersama dengan masyarakat sekitar, bawalah krim anti nyamuk mengingat nyamuk di kawasan ini cukup agresif. Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman untuk menjelajahi alam. Jangan lupa membawa pakaian ganti, untuk persiapan kalau saat penjelajahan Anda menemukan sungai atau danau untuk berenang. Kecamatan Batang lupar yang ibu kotanya di Kota Lanjak merupakan salah satu kecamatan di perbatasan Indonesia-Malaysia. Tak perlu heran apabila banyak barang-barang yang ada di kawasan ini berasal dari Malaysia. // Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990