Home Pesona Indonesia Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda Selat Lembeh, di Provinsi Sulawesi Utara.

Selat  Lembeh adalah perairan sempit yang memisahkan antara daratan utama pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Secara administrative  Selat Lembeh ini berada di wilayah otonomi kota Bitung.  Tepatnya berada di kecamatan Bitung selatan, kotamadya Bitung, provinsi Sulawesi Utara. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi.// Selain itu Selat Lembeh juga menawarkan bangkai kapal yang menarik dan taman yang indah. Oleh karena itu Selat Lembeh menjadi salah satu obyek selam utama di Sulawesi Utara .

Selat Lembeh atau Lembeh strait merupakan tempat wisata favorit bagi para penggemar wisata bawah laut. Berbagai fauna dan flora seperti terumbu karang beraneka warna dan fauna laut yang mempesona mengundang decak kagum bagi setiap  orang  yang melihatnya. Lokasi ini  terkenal secara internasional dengan keragaman biota lautnya yang hanya ada di tempat ini.

Disini anda akan dapat menemukan giruta mimic, kuda laut pygmy, sotong dan frogfish berambut. Tempat ini juga merupakan surga untuk fotografi bawah laut dan sering disebut “kiblat dari fotografi makro”.

Yang harus diingat menyelam di selat Lembeh memerlukan  ketrampilan khusus agar kaki katak penyelam tidak menyepak dasar laut, karena laut mudah sekali menjadi keruh bila pasir beterbangan terkena tendangan kaki katak penyelam.

Selat Lembeh selain menawarkan wisata bawah air yang menawan, disini juga berdiri resort-resort yang  menawarkan paket wisata diving.  Selat Lembeh juga terkenal karena mempunyai keindahan panorama alamnya yang luar biasa.   Pulau Lembeh yang terbentuk dari bebatuan kapur tersebut dibungkus indah oleh hijaunya dedaunan pohon kelapa. Oleh karena itu disebut juga dengan pulau sejuta nyiur.

Untuk sampai ke obyek wisata Selat Lembeh yang indah ini, apabila anda dari Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado yang terletak di provinsi Sulawesi Utara,  anda bisa menyewa mobil atau taxi ke Bitung dengan tarif sekitar Rp. 200.000. Apabila anda  ingin alternative lain, dengan tariff yang lebih murah, anda bisa naik angkutan umum yang berada di luar bandara, kemudian dilanjutkan dengan  bus antar kota sampai pinggiran kota Bitung. Untuk mencapai  pusat kota,  dari terminal bus, anda masih harus naik  angkutan kota lagi.  Jarak tempuh dari Bandara ke pusat kota Bitung sekitar 60 Km, yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih1,5 jam.

Sesampai  di kota Bitung ada beberapa macam penginapan yang bisa menjadi pilihan, mulai dari losmen, hotel kelas melati sampai resort yang kelasnya setara hotel berbintang. lokasi penginapan pun ada pilihannya, mulai dari  pusat kota atau sekalian di pulau Lembeh.  Malam hari anda bisa naik ojek atau taxi untuk berkeliling .

Apabila anda pecinta wisata bawah laut, kunjungilah Selat lembeh yang sudah terkenal di Mancanegara sebagai tempat yang memiliki flora dan fauna yang indah. // Edn

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990