Home Pesona Indonesia Menjelajahi Taman Nasional Kutai

Menjelajahi Taman Nasional Kutai

PesonaIndonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi Taman Nasional Kutai di Kalimantan Timur. 

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, menjelajahi hutan belantara merupakan suatu hal yang mengasyikan. Salah satu  hutan yang dapat Anda jelajahi adalah Taman Nasional Kutai di Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai (TNK) adalah hutan tropis dataran rendah di Kalimantan Timur. Keanekaragaman hayati dan vegetasinya menjadikan taman ini  sebagai tujuan menarik bagi masyarakat lokal begitu juga bagi para pecinta alam dan peneliti dari berbagai Negara.

Untuk pelajar setempat misalnya di Bontang dan Sangatta, Taman Nasional Kutai adalah fasilitas untuk belajar tentang alam. Dua lokasi di Taman Nasional Kutai yang sering dikunjungi wisatawan adalah Sangkima dan resor Prevab. Pengunjung akan dibebani biaya masuk sebesar Rp1, 500 untuk pengunjung lokal dan Rp15, 000 untuk pengunjung asing.

Di Sangkima, pengunjung bisa melihat pohon kayu besi dengan diameter 2,47 meter. Pengunjung juga dapat menguji adrenalin mereka dengan melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu besi. Sedangkan di  Prevab, pengunjung bisa melihat kehidupan orang utan di habitat asli mereka dan proses restorasi yang saat ini berlangsung setelah kebakaran hutan pada tahun 1997-1998. Selain itu, Taman Nasional Kutai juga menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat berbagai jenis satwa langka dan berbagai tumbuhan.

Anda tidak perlu khawatir tersesat jika Anda menjelajahi hutan ini karena Taman Nasional Kutai juga menyediakan pemandu untuk mengantar Anda berkeliling. Karyawan Taman Nasional Kutai akan selalu siaga di pos-pos Sangkima atau Prevab untuk membantu Anda. Anda juga dapat berkeliling dengan menggunakan ketinting atau perahu motor. Jika Anda ingin mengunjungi resor Prevab di Taman Nasional Kutai, dibutuhkan lebih dari satu hari untuk melakukannya. Anda harus tinggal setidaknya dua malam di daerah tersebut. Harap membawa pakaian ekstra, senter dan persediaan makanan.

Untuk sampai di Taman Nasional Kutai, Resor Sangkima dapat diakses dengan mobil atau minibus dari rute Bontang-Sangatta. Untuk mengunjungi resor Prevab, bagi mereka yang menggunakan perahu motor dari Sangatta atau dari Pangkalan Kabo Jaya, desa Swarga Bara akan memakan waktu  20 menit melalui sungai. Jika Anda berangkat dari Balikpapan, Anda dapat naik taksi ke Sangatta sebesar Rp 900.000-Rp 1.000.000, atau menggunakan alat transportasi umum berupa bus dari Samarinda menuju-Bontang-Sangatta. Dengan menggunakan bus ini, Anda dapat sampai di tempat wisata Sangkima. Nuke

{audio}http://27.50.22.27:9525/indonesia/pesona.indonesia/2014/04%20APRIL%202014/pesona.17.04.2014.wendy.mp3{audio}

 

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990