Home Pesona Indonesia Pesona Pantai Pulau Panjang, Jepara Jawa tengah

Pesona Pantai Pulau Panjang, Jepara Jawa tengah

Pada PesonaIndonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati pesona pantai pulau panjang, Jepara Jawa Tengah.

Menikmati keindahan alam Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu kota yang wajib Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah adalah Jepara. Jepara tidak hanya merupakan sebuah kota yang terkenal akan ukirannya. Kota Jepara, di Jawa Tengah ternyata tidak hanya memiliki Karimunjawa saja. Masih ada pulau-pulau lain yang bisa Anda kunjungi, seperti Pulau Panjang. Masih belum banyak pengunjung yang mengetahui tempat ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Panjang.

Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang. Pulau Panjang menyuguhkan pesona yang tidak kalah menariknya dengan Karimunjawa.  Letaknya berada sekitar 2,5 km sebelah barat Pantai Kartini. Dari Dermaga Pantai Kartini, Pulau Panjang bisa ditempuh dengan kapal wisata hanya sekitar 10 menit saja.

Ketika sampai di Pulau Panjang, Anda sudah langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat asri. Pulau Panjang memiliki luas sekitar 19 hektar. Bagian tengah pulau merupakan hutan tropis berukuran mini dengan pohon-pohon besar. Lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat penjelajahan saat malam hari. Pagi hari, udara segar dan pemandangan mempesona akan memanjakan diri Anda. Namun sayang sekali jika pemandangan secantik ini hanya dipandang saja. Inilah saatnya Anda melakukan aktifitas olahraga air kesukaan Anda.

Pulau ini memiliki pantai dengan pasir yang sangat bersih, karena memang belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Asyiknya, Pulau Panjang dikelilingi oleh lautan dangkal. Jadi pengunjung bisa dengan aman menikmati laut hingga jauh dari bibir pantai. Dasar lautnya adalah terumbu karang yang cantik. Lautnya yang jernih juga bisa dikatakan tenang dan tidak berarus. Menyiapkan peralatan snorkel atau menyelam adalah hal wajib jika Anda datang ke Pulau Panjang.

Menurut Suyono Ketua II DRD Jepara Pulau itu memiliki potensi keaneka ragaman hayati, ekosistem terumbu karang dan lamun hewan yang hidup di terumbu karang. Pulau ini merupakan tempat wisata laut yang kini digemari masyarakat. Terutama saat upacara tradisional Pesta Lomban, yakni satu pekan setelah Hari Raya Idul Fitri. Puluhan kapal pesiar disiapkan untuk melayani para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Panjang pada Hari Raya Idul Fitri. Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990