Home Pesona Indonesia Sego Cawuk, Banyuwangi

Sego Cawuk, Banyuwangi

Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda Sego Cawuk, dari Banyuwangi. 

Jika anda  berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur anda harus menyempatkan sarapan khas masyarakat Using yang terkenal dengan sebutan Sego Cawuk.  Bila anda suka wisata kuliner tidak ada salahnya mencoba sego cawuk yang lebih cocok disantap pada pagi hari untuk sarapan ini.  Sego cawuk diambil dari bahasa Using, yaitu bahasa asli Banyuwangi. Sego berarti nasi sedangkan cawuk artinya makan menggunakan tangan langsung, tanpa sendok dan garpu.

Sego cawuk ini masih mudah dijumpai di hampir setiap tempat di Banyuwangi. Karena Sego cawuk ini cocoknya untuk sarapan, maka biasanya  warung-warung yang menjual nasi cawuk ini sudah buka mulai jam 06.00 sampai pukul 10.00.

Sego cawuk ini adalah nasi yang dicampur kuah santan yang dicampur  dengan irisan mentimun, parutan kelapa muda dan pipilan jagung muda yang sudah dibakar. Nasi cawuk ini umumnya berasa pedas.  Biasanya sego cawuk ini dalam penyajiannya masih ditambah dengan pepesan ikan laut, telur bebek asin, kikil, dendeng dan juga telur yang dimasak pindang, kuah kulit sapi  dan lauk lainnya sesuai selera.  Penyajian nasi cawuk  biasanya menggunakan pincuk atau piring yang terbuat dari daun pisang, tetapi sekarang banyak juga yang menyajikannya menggunakan piring.

Selain itu dalam penyajian Sego Cawuk ini ada juga yang ditambah dengan kuah pindang khas Banyuwangi yang biasanya terbuat dari gula pasir yang dimasak gendam. Sehingga hasil kuahnya bening dan manis. Cara memasak gendam ini hanya ada di Banyuwangi, yaitu gula pasir secukupnya dipanaskan di atas wajan hingga lumer. Setelah berbentuk pasta langsung diberi air secukupnya dan dibumbui seperti lengkuas, daun salam dan garam.

Harga yang ditawarkan untuk seporsi  sego cawuk ini cukup terjangkau yaitu Rp. 7000 sampai Rp. 15.000 sesuai dengan  lauk yang dipesan.  Belum lagi ditambah teh hangat yang menambah nikmat pada waktu memanjakan lidah.

Para penjual Sego Cawuk  di Banyuwangi ini biasanya mempersiapkan masakan ini sejak sehari sebelumnya. Pasalnya meski menu sarapan, tapi masakan pelengkapnya beraneka ragam.

Sego cawuk ini di Banyuwangi juga akrab disebut sego janganan. Dan menu ini merupakan  salah satu menu masakan khas daerah yang sudah turun temurun sejak nenek moyang.// Edn

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990