Home Pesona Indonesia Menyelami Teluk Lampung Di Pulau Sebuku

Menyelami Teluk Lampung Di Pulau Sebuku

Pada Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menyelami teluk lampung di pulau sebuku.

Pulau Sebuku berada di Selat Sunda dan merupakan salah satu pulau terbesar di Selat Sunda yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Sumatera. Pulau ini terletak di area Teluk Lampung atau di titik sekitar 2,5 km sebelah Utara Pulau Sebesi dan 2,3 km di Selatan Pulau Sumatera. Pulau Sebuku secara administratif berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Pulau Sebuku adalah pulau tak berpenghuni seluas 17,71 kmĀ². Dulunya pada 1920-an, pulau ini terkenal sebagai area perkebunan penghasil kopra. Akan tetapi, karena kurangnya pengelolaan menjadikan hasil perkebunan tidak sebesar dahulu. Pulau tidak berpenghuni itu kini menyediakan akomodasi untuk wisatawan yang mengunjugi Sebuku atau Anak Gunung Krakatau.

Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi memang kurang popular sebagai lokasi menyelam karena mungkin relatif jauh dari Pulau Jawa atau belum banyak ditemukan titik penyelaman di kawasan ini. Akomodasi terdekat dalam penjelajahan Teluk Lampung dan Anak Gunung Krakatau ada di Pulau Sebesi. Fasilitas yang telah tersedia adalah pesanggrahan, cottage atau rumah penduduk untuk menginap. Biasanya paket wisata mengunjungi Teluk Lampung tidak lengkap jika tidak dilanjutkan ke Anak Gunung Krakatau. Akan tetapi, sebelum mengeksplorasi anak gunung api tersebut, kunjungi juga titik-titik snorkeling di sekitar Pulau Sebuku.

Transportasi menuju Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku biasanya menggunakan kapal motor dari Dermaga Canti, Kalianda, Lampung Selatan. Jarak tempuh memakan waktu kurang lebih 1 jam. Anda bisa juga berangkat dari bagian barat Pulau Jawa, seperti dari pelabuhan kecil di Carita atau Paku. Dengan menggunakan speed boat, perjalanan akan memakan waktu 2 jam, tergantung dari keadaan arus Selat Sunda. Dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Dermaga Canti dapat ditempuh dengan berkendara selama sekira 1 jam perjalanan.

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pada saat-saat tertentu gelombang laut akan terasa kuat dan besar. Bagi yang mabuk laut hendaknya mempersiapkan diri dengan obat anti mabuk, kantung plastik atau lainnya. Beberapa kapal mungkin tidak menyediakan pelampung. Apabila memungkinkan, Anda dapat bersiaga dengan membawa pelampung sendiri. Untuk mencari titik snorkling yang bagus Anda disarankan untuk bertanya pada pemandu yang berpengalaman. Karena Listrik di Pulau Sebesi hanya menyala pukul 6 sore hingga 12 malam, pastikan Anda memanfaatkan keterbatasan pasokan listrik tersebut dengan baik.

Ketika Anda snorkeling atau berenang di pulau sebuku, waspadai ubur-ubur yang membuat sensasi rasa gatal. Hati-hati juga akan keberadaan bulu babi yang kadang ditemukan di sekitar pulau. Tanyakan pada pemandu perjalanan Anda yang mungkin lebih memahami medan atau titik yang bagus untuk beraktivitas di sekitar pulau sebuku// Nuke

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990