Home Pesona Indonesia Menikmati Surga Bawah Laut Pulau Hoga

Menikmati Surga Bawah Laut Pulau Hoga

Pesona Indonesia. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati surga bawah laut pulau hoga, Sulawesi Tenggara.

Di gugusan Kepulauan Tukang Besi atau yang tersohor dengan nama Wakatobi, terdapat sebuah pulau dengan taman bawah laut yang amat indah, namanya Pulau Hoga,  berlokasi di bagian timur Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Inilah surga bawah laut yang tersembunyi di Wakatobi. Daratannya ditumbuhi pohon kelapa yang indah melambai diterpa angin laut serta hamparan pasir putih berkilau bak mutiara yang disentuh sinar matahari. Di sini Anda juga akan menikmati keindahan atol, laguna, dan karang di tepian pulau.

Keindahan bawah laut di Pulau Hoga sudah termasyur hingga ke mancanegara. Kekayaan biota laut nya telah menarik perhatian banyak peneliti dari luar negeri. Tidak mengherankan apabila tempat ini diibaratkan sebagai laboratorium bawah laut. Wisatawan yang berkunjung bisa tinggal selama berminggu-minggu untuk menikmati keindahannya. Perairan Pulau Hoga merupakan surga bagi para penyelam, menyelam di sini bagaikan sedang menikmati akuarium raksasa yang mengagumkan tanpa batas. Anda bisa menikmatinya tanpa harus menyelam jauh ke dalam.

Selain menyelam, Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dipinggir pantai. yang dengan mudah juga dapat ditemui ikan berwarna-warni. Menyaksikan ombak besar menerjang karang juga menjadi hal menarik dilakukan sore hari. Anda bisa bersantai merebahkan tubuh diatas pasir putih yang hangat atau berkeliling mengunjungi tempat menarik di sekitar Pulau Hoga. Satu-satunya transportasi yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling di sekitar Pulau Hoga adalah kapal. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pulau Kaledupa, Pulau TomiaPulau Wangi-wangi, dan Pulau Binongko maka Anda perlu menggunakan kapal. Akan tetapi, jika hanya ingin menikmati daratan Pulau Hoga yang memesona maka Anda cukup berbekal kedua kaki Anda saja.

Untuk menuju Pulau Hoga, Anda bisa memulai perjalanan dari Kendari, kemudian dilanjutkan ke Pulau Hoga dengan kapal di Pelabuhan Kendari 2. Perjalanan menuju Pulau Hoga sekitar 15 jam. Pilihan lain adalah berangkat dari Wanci di Kabupaten Wakatobi . Di dermaga tersebut Anda dapat menyewa speedboat dengan tarif Rp 150.000,- dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Hoga adalah April sampai Juni atau Oktober hingga Desember. Umumnya penyelaman di perairan Pulau Hoga dilakukan berkelompok.

Biasanya kegiatan menyelam di Pulau Hoga memerlukan waktu selama  beberapa hari. Anda tidak perlu kawatir karena bisa menemukan hotel dan penginapan di Pulau Hoga dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 80.000,- ribu per malamnya. Ada sekitar 200 penginapan sederhana yang menyerupai rumah adat Buton yang dikelilingi jalan setapak. Anda bisa membayangkan bangun di pagi hari kemudian bergegas ke pantai untuk menikmati udara sambil menunggu Matahari terbit, sungguh indah.// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990