Home Pesona Indonesia Gua Pindul Dari Yogyakarta

Gua Pindul Dari Yogyakarta

Pada PesonaIndonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menelusuri Gua Pindul Yogyakarta.

Menyusuri sungai menggunakan perahu karet merupakan hal yang biasa, namun jika sungai itu mengalir di dalam gua tentu saja akan menjadi petualangan yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Gua Pindul, salah satu gua yang merupakan rangkaian dari 7 gua dengan aliran sungai bawah  menawarkan sensasi petualangan tersebut Selama kurang lebih 45 - 60 menit Anda akan diajak menyusuri sungai di gelapnya perut bumi sepanjang 300 m menggunakan ban pelampung. Gua ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Di dalam Gua Pindul ini Anda bisa melakukan petualangan yang memadukan aktivitas body rafting ( berenang bebas mengarungi sungai dan jeram)dan caving ( jelajah gua . Aktivitas ini  dikenal dengan istilah cave tubing( mengarungi sungai di dalam gua) Tidak diperlukan persiapan khusus untuk melakukan cave tubing di Gua Pindul. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB. Selain karena airnya tidak terlalu dingin, jika cuaca sedang cerah pada jam-jam tersebut akan muncul cahaya yang berasal dari sinar matahari yang menerobos masuk melewati celah besar di atap gua. Cave tubing di Gua Pindul ini baru dibuka untuk wisata pada tahun 2010.

Di gua ini terdapat beberapa ornamen cantik seperti batu kristal,  stalaktit dan stalagmit yang indah. Sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari proses pertemuan stalaktit dan stalagmit yang usianya mencapai ribuan tahun menghadang di bagian depan gua. Di beberapa bagian atap gua juga terdapat lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar penghuni gua. Di tengah gua terdapat satu tempat yang menyerupai kolam besar dan biasanya dijadikan tempat beristirahat sejenak sehingga wisatawan dapat berenang atau terjun dari ketinggian. 

Untuk menuju Gua Pindul ini , dari pusat kota Yogya , bisa ditempuh kurang lebih satu setengah jam menuju Desa Bejiharjo dengan menggunakan mobil atau motor..  Sesampainya di Desa Bejiharjo ,transportasi menuju lokasi disediakan angkutan bak terbuka atau Anda bisa berjalan  kurang lebih jaraknya 100 meter untuk mencapai goa.  Untuk masuk gua dikenakan tarif Rp 30 ribu dengan didampingi pemandu. Paket ini sudah termasuk helm, pelampung, ban karet serta sepatu karet.  Meskipun jalan menuju lokasi agak terjal karena aspal yang mulai rusak namun antusiasme wisatawan untuk mengunjungi Gua Pindul tidak surut.

Penelusuran gua ini juga dipadukan dengan wisata spritual, yang dinamakan kegelapan abadi. Anda akan berada di ruang gelap di tengah-tengah gua selama 20 menit dimana pemandu akan meminta kita untuk mematikan semua senter. Gua Pindul sepanjang 35

0 meter ditelusuri kurang lebih selama satu jam dan berakhir pada sebuah bendungan yang airnya jernih.// Nuke

http://27.50.22.27:9525/indonesia/pesona.indonesia/2014/04%20APRIL%202014/pesona.03.04.2014.wendy.mp3

 

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990