Home Pesona Indonesia Cantiknya Pantai Tanjung Anjung Lesung, Banten

Cantiknya Pantai Tanjung Anjung Lesung, Banten

Pada Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati cantiknya Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Indonesia sangat beruntung dianugerahi banyak pantai dengan pemandangan mempesona. Hampir di setiap daerah di Nusantara terdapat pantai indah, baik yang sudah tersohor maupun yang belum banyak dikenal. Salah satu pantai indah yang patut dikunjungi adalah Pantai Tajung Lesung di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Apabila sebelumnya saat berkunjung ke Banten, Anda memilih Pantai Anyer atau Pantai Carita, maka kali ini mengapa Anda tidak berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung. Di sini pemandangan pantainya tidak kalah memukau dengan air lautnya, bak danau yang luas serta perbukitan yang tidak begitu curam.

Nama ‘Tanjung Lesung’ menurut penuturan masyarakat setempat berasal dari penamaan lokasi pantainya yang berupa daratan menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu alat tradisional penumbuk padi. Pantai ini luasnya sekira 1.500 hektar dan resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1998. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten. Bagi pecinta alam, Anda bisa menikmati kekayaan hayati dan pesona alam bawah laut pantai ini. Menyelam merupakan kesempatan untuk menyaksikan indahnya terumbu karang, ubur-ubur, siput kecil yang terlihat malu-malu bersembunyi di balik terumbu karang, serta berbagai jenis ikan yang bermain kejar-kejaran dan sesekali datang menghampiri,. Anda juga bisa belajar cara mentransplantasikan terumbu karang di lokasi konservasi yang ada di tengah lautnya.

Di Pantai Tanjung Lesung, Anda juga bisa menikmati indahnya Matahari terbenam sambil duduk di atas perahu nelayan yang Anda sewa. Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung terbilang lengkap sehingga membuat Anda tidak akan kesulitan menikmati liburan. Jaringan listrik dan sarana air bersih juga cukup memadai. Di Pantai Tanjung Lesung tersedia penginapan dengan berbagai variasi dan tipe, baik itu hotel, villa, resort, ataupun home stay dengan beragam harga. Untuk home stay tarifnya sekira 100.000 Rupiah per malam, sedangkan vila, hotel, maupun resor tarifnya 500.000 Rupiah hingga 2 juta Rupiah per malamnya.

Untuk menuju lokasi pantai, Anda akan melalui jalan provinsi yang mulus dan jaringan telekomunikasi yang mencukupi.Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Lesung maka Anda bisa mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak dan keluar melalui pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

Pilihan rute yang lain adalah dengan mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak dan keluar melalui Gerbang Tol Cilegon. Lanjutkan perjalanan menyusuri pesisir Anyer-Carita hingga ke arah Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju pantai Tanjung Lesung dengan bus ke arah Terminal Labuan. Berikutnya lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju lokasi pantai Tanjung Lesung.  Nuke 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990