Home Pesona Indonesia Petualangan Di Pulau Kanawa

Petualangan Di Pulau Kanawa

PesonaIndonesia edisi kali ini, saya akan mengajak Anda untuk berpetualang di pulau Kanawa, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau yang terletak di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur, sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Pulau Kanawa menyendiri dalam luasnya lautan di sekeliling Taman Nasional Komodo sehingga luas pulaunya yang 32 hektar seperti tak begitu berarti. Akan tetapi, tetap saja bukit batu yang ditumbuhi belukar dan rumput kering di musim kemarau membuat suasana hati menjadi damai. Birunya laut yang dibatasi warna hijau kebiruan di bibir pantainya, membuat rasa penasaran. Mengunjungi Pulau Kanawa merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Pulau Kanawa awalnya dibina oleh seorang warga Labuan Bajo, namun kini pulau ini diserahkan pengelolaannya pada orang Italia yang mengembangkan 14 bungalow di kaki bukit batu yang menghadap ke arah pantai. Sebuah dermaga kayu cukup untuk melabuhkan beberapa perahu kecil menjulurkan sambutannya hingga tepi karang dan tebing bawah laut.

Pulau Kanawa dengan keindahan, pantai dan terumbu karangnya adalah perhiasan bagi Nusa Tenggara dan merupakan sebuah kenangan indah sebelum Anda kembali ke tempat asal Anda. Sebuah pengalaman luar biasa jika Anda menyelam di jernihnya air dan menyaksikan warna-warni ikan yang bermain di antara bunga laut, terumbu karang, dan bukit pasir di bawah laut.

Di Pulau Kanawa saat menjelang sore, air lautnya surut dimana Anda dapat mengambil bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai. Kejadian ini adalah hal rutin yang terjadi saat air laut surut. Bila Anda jatuh hati pada pandangan pertama saat menatap Kanawa, singgahlah untuk menanyakan kemungkinan  bermalam di salah satu bungalownya karena itu adalah ide yang paling baik. Dibangun di antara bibir pantai yang jernih dan bukit menjulang, bungalow tersebut dilengkapi tempat tidur nyaman, berkelambu putih dan tempat tidur ayunan yang diapit dua pohon rindang, siap mengakomodir keinginan Anda untuk berlabuh.

Pulau Kanawa dapat dijangkau dengan perahu bermesin dari  Labuan Bajo. Lama perjalanan sekitar 40 menit. Kapal tersebut berangkat pukul 12.00. Pilihan lain untuk mencapai pulau Kanawa adalah dengan menggunakan speed boat yang akan dikenakan biaya sekitar Rp 60.000,- per orang. Perahu dari Labuan Bajo selalu datang dan berangkat dari pulau ini pada jam yang telah ditetapkan. Pengunjung yang bermalam di sini tak perlu lagi membayar ongkos perahu dari Kanawa ke Labuan Bajo karena telah termasuk tarif bermalam.// Nuke

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990