Home Pesona Indonesia Menikmati Indahnya Pulau Gunung Api Banda, Maluku

Menikmati Indahnya Pulau Gunung Api Banda, Maluku

I

Pada PesonaIndonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati indahnya Pulau Gunung Api Banda, Maluku.

Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas dan Molukken adalahprovinsi tertua yang ada di Indonesia dimana lintasan sejarah Maluku sudah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah. Keindahan gugusan kepulauan ini dihiasi sepuluh pulau yang telah berhasil menarik perhatian tokoh dunia  seperti Mick Jagger, Sarah Ferguson, dan Putri Diana. Bagaimana dengan Anda? Pernahkah menapakkan kaki  di Kepulauan Banda?. Salah satu Pulau yang patut disinggahi ketika berkunjung keKepulauan Banda adalah Pulau Gunung Api Banda.

Pulau Gunung Api Banda merupakan sebuah pulau yang keseluruhan daratannya adalah gunung api vulkanis. Pulau Gunung Api Banda terletak di Laut Banda dan secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekitar  656 meter di atas permukaan laut dengan luas kurang lebih 734  hektar . Tahun 1988 gunung ini sempat meletus dan telah merusak sebagian terumbu karang dan biota di Pulau Banda Besar.

Akan tetapi menurut penelitian UNESCO,  akibat letusan Gunung Api Banda tersebut ternyata menjadikan pertumbuhan terumbu karang di tempat ini paling cepat didunia. Petumbuhan terumbu karang di Pulau Banda Besar hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 tahun sedangkan di tempat lain, petumbuhannya bisa mencapai puluhan tahun. Karena potensi hayati alam bawah laut dan juga daratan di Kepulauan Banda maka tahun 1992 pemerintah setempat menetapkan Pulau Gunung Api Banda sebagai kawasan Taman Wisata Alam.

Daratan Pulau Gunung Api Banda selain memiliki panorama yang indah, juga dihuni beberapa satwa seperti beragam jenis burung endemik, kus-kus dan beberapa flora termasuk pohon pala, anggrek, dan flora lainnya. Ketika Anda mengunjungi pulau ini  maka anda akan disuguhi  pemandangan pantai dan laut yang sangat menawan hati. Karena Pulau Gunung Api Banda tidak berpenghuni maka tidak tersedia warung makan, jadi sangat disarankan membawa perbekalan  sendiri, jika Anda berkundung ke sana. Jika Anda  memutuskan untuk menyelam, bisa membawa perlengkapan untuk menyelam dari Banda Neira. 

Untuk mencapai  Pulau Gunung Api ini , Anda bisa menggunakan pesawat dari Ambon menuju Banda Neira dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Anda juga bisa menggunakan kapal motor dengan waktu sekitar 6 jam. Dari Banda Neira lanjutkan perjalanan Anda menuju pasar ikan Banda Neira dengan menyewa  perahu motor  menuju ke kawasan Pulau Gunung Api Banda. Waktu tempuh dari pasar ikan menuju Pulau Gunung Api Banda sekitar 1 jam.// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990