Home Pesona Indonesia Hembusan Angin Pantai Kubu, Kalimantan

Hembusan Angin Pantai Kubu, Kalimantan

PesonaIndonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati hembusan angin pantai kubu, Kallimantan Tengah.

Kalimantan Tengah memang memiliki sejuta pesona yang terpendam dan salah satu keindahan alam yang dapat kita nikmati adalah pantai kubu. Sebelum atau setelah lelah berpetualang menjelajahi liarnya hutan tropis dan menyaksikan keanggunan orangutan serta bekantan bergelantungan pada dahan pepohonan diTaman Nasional Tanjung Puting atau di Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, anda dapat sejenak menikmati sisi lain alam Kalimantan dengan mengunjungi pantainya yang tenang dan indah. Masih berada di wilayah yang sama dengan dua hutan konservasi tersebut, Pantai Kubu dikenal sebagai kawasan wisata transit wisatawan yang berniat menjelajahi kemegahan hutan tropis Kalimantan yang merupakan paru-paru dunia.

Pantai Kubu adalah salah satu tujuan wisata pantai yang dikelola sebagai kawasan wisata komersil oleh pemerintah daerah setempat. Berbagai fasilitas dibangun guna menunjang kondisi pantai ini, meskipun usaha tersebut belum terlalu maksimal. Keberadaan anjungan yang letaknya mencapai 300 meter dari bibir pantai adalah salah satu bentuk upaya tersebut dan merupakan salah satu daya tarik utama di pantai ini. Anjungan yang terbuat dari kayu ulin tersebut sungguh tempat yang asyik untuk bersantai sambil menikmati keindahan pesona bahari.

Mengingat Pantai Kubu adalah termasuk salah satu destinasi wisata pantai yang tergabung dalam kawasan wisata Pantai Bogam Raya, maka selain ke Pantai Kubu, anda dapat pula mengunjungi pantai lainnya. Pantai Kubu terletak di selatan Pangkalan Bun, tepatnya berada di Desa Kubu, Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat. Pangkalan Bun-Pantai Kubu dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan air. Kondisi jalan menuju Pantai Kubu sekitar 30 km dari Pangkalan Bun dan relatif baik, hanya saja anda sebaiknya menggunakan mobil pribadi atau sewaan jika hendak ke sana. Karena memang tidak ada angkutan umum khusus untuk mencapai jalur ini. Biaya sewa kendaraan adalah kurang lebih Rp200.000.

Selain dapat menikmati keindahan laut di dermaga kayu, anda dapat juga bersantai di pondok-pondok yang dibangun di tepi pantai. Hal menarik lainnya yang dapat anda nikmati di lokasi sekitar Pantai Kubu adalah tersedianya warung-warung yang menjual makanan khas laut. Anda bahkan dapat memancing ikan sambil duduk di sepanjang kayu ulin yang menuju tengah laut Pantai Kubu adalah pantai yang menghadap ke Laut Jawa dan merupakan salah satu pantai kebanggaan masyarakat setempat. Saat tahun baru, pantai ini akan dipadati pengunjung terutama masyarakat lokal yang ingin menyaksikan keindahan pesta kembang api atau sekedar berbaur dengan keramaian pengunjung yang menanti pergantian tahun.

Pantai Kubu letaknya hanya sekitar 45 menit berkendara dari Pangkalan Bun,merupakan salah satu kota pusat atau gerbang wisata di Kalimantan Tengah. Di Pangkalan Bun mengalir Sungai Arut yang dapat ditelusuri dengan menggunkan klotok atau getek. Sempatkan diri Anda menikmati pengalaman menjelajahi sungai di Kalimantan Tengah. Di kiri kanan sungai, perkampungan sekitar dan hutan adalah pemandangan yang tentu mengesankan.  Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990