Home Pesona Indonesia Gobak Sodor, Permainan Tradisional Indonesia

Gobak Sodor, Permainan Tradisional Indonesia

Pesona Indonesia hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda Permainan Gobak Sodor

Gobag Sodor adalah sejenis permainan daerah asli Indonesia. Permainan Gobag Sodor terkenal di wilayah Pulau Jawa. Banyak yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari daerah Yogyakarta. Nama Gobak Sodor berasal dari kata Gobag dan Sodor. Kata Gobag sendiri artinya bergerak dengan bebas, sedangkan sodor artinya Tombak.Karena pada jaman dahulu, para prajurit mempunyai permainan yang sederhana yang disebut sodoran sebagai latihan ketrampilan dalam berperang, dengan menggunakan sodor, yaitu tombak dengan panjang kira-kira 2 meter, tanpa mata tombak yang tajam pada ujungnya.

Di berbagai daerah di Indonesia hampir semua mengenal permainan  Gobag Sodor, hanya di tiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda. Di Kepulauan Natuna dikenal dengan nama Galah, sementara di Riau dikenal  dengan nama Galah Panjang. Di daerah Riau Daratan permainan ini dikenal dengan nama  Cak Bur atau Main Belon. Sedangkan di Jawa Barat, nama permainan ini adalah  Galah Asin.  Di Makasar permainan Gobak Sodor ini disebut asing.

Yang harus dipersiapkan dalam permainan ini adalah lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 9x4m, atau lapangan bulu tangkis, yang dibagi menjadi 6 bagian.  Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.

Permainan Gobag Sodor ini biasanya dimainkan pada saat jam istirahat sekolah atau  pada sore hari di lingkungan  tempat tinggal .  

Jumlah pemain dalam gobak sodor harus berjumlah genap antara 6-10 orang. Kemudian dibagi menjadi dua tim, tim jaga dan tim serang. Tiap tim beranggotakan 3-5 orang anak. Gobag Sodor ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki karena menguras banyak tenaga. Tetapi juga kadang-kadang dimainkan oleh anak perempuan asalkan kedua tim mempunyai komposisi pemain yang seimbang baik jenis kelamin maupun umurnya. Hal ini untuk menghindari  ketimpangan kekuatan  pada salah satu tim.

Permainan Gobag Sodor ini mempunyai peraturan  seperti, masing-masing pemain dalam tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang atau horizontal yang  telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut. Yang boleh melalui garis sodor atau vertical hanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.  Masing-masing pemain tim serang, dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Dan jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.

Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya. Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.

Permainan Gobag Sodor sangat menarik, menyenangkan dan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus berjaga dan berlari secepat mungkin.  Manfaat lain dari permainan gobag Sodor ini adalah, melatih kerja sama dalam tim, melatih kepemimpinan, mengasah kemampuan otak, mengasah kemampuan mencari strategi yang tepat, dan meningkatkan kekuatan dan ketangkasan. Selain itu,  permainan tradisional Gobag Sodor ini  bagi anak-anak khususnya mempunyai manfaat, anak-anak akan diajari bagaimana menghadapi  dan menyelesaikan konflik yang terjadi antar teman .

Dengan adanya kemajuan teknolgi dan berkurangnya lahan bermain, permainan Gobag Sodor ini sudah jarang dimainkan anak-anak yang berada di kota besar. Untuk tetap melestarikan permainan tradisional ini, salah satu universitas di kota Malang, pada waktu  Pengenalan Kehidupan Kampus, mengadakan pertandingan permainan Gobag Sodor. // Edn

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990