Home Pesona Indonesia Berselancar Di Sungai Kampar, Riau

Berselancar Di Sungai Kampar, Riau

Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk berselancar di sungai kampar, Riau.

Pernahkan Anda membayangkan dapat berselancar (surfing) di sungai?. Mungkin para peselancar di dunia mengira bahwa selancar hanya dapat dilakukan di laut. Tampaknya ombak yang menderu juga dapat ditemukan di sungai kampar, Riau. Kebanyakan orang mungkin akan meremehkan khayalan dan menganggap Anda mengada-ada. Akan tetapi, kenyataannya berselancar di sungai sungguh bukan sekedar mimpi di siang bolong. Sungai yang satu ini memang jelas berbeda dan spesial karena bahkan tidak semua laut berombak dapat dijadikan tempat berselancar. Sungai unik dan fenomenal ini dapat terjadi karena hadirnya gelombang dahsyat yang dapat ditunggangi para peselancar handal. Gelombang atau arus pasang air laut yang menjadikan Sungai Kampar kini kian popular dan menjadi spesial adalah Gelombang Bono.

Bono adalah fenomena alam yang terjadi akibat bertemunya arus pasang air laut dengan arus pasang air sungai. Fenomena ini hanya terjadi pada waktu tertentu, yaitu yaitu saat  bulan purnama atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai bulan besar. Bulan purnama terjadi setiap tanggal 10-20 dalam perhitungan bulan Melayu (Arab) atau pada kisaran bulan Agustus-Desember. Pada saat bulan  kecil atau musim pasang mati, Bono nyaris tidak ada. Meskipun selancar hanya dapat dilakukan pada saat-saat tertentu saja di sungai kampar ini namun jika Anda ingin mencobanya lokasinya dapat Anda temukan di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 Sungai Kampar terletak di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru. Dari Pekanbaru, Riau, perjalanan menuju Teluk Meranti memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Anda dapat menggunakan transportasi darat dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci. Berjarak sekitar 70 km, perjalanan ini dapat ditempuh sekitar 2 jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Teluk Meranti melalui Kecamatan Bunut selama sekira 3 jam. Selain jalur darat, perjalanan dari Pangkalan Kerinci menuju Teluk Meranti dapat menggunakan sarana transportasi air, yaitu speedboat sekitar 2 jam. Dari Teluk Meranti, terdapat speedboat yang bisa disewa untuk mengantar ke Tanjung Sebayang. Speedboat berkapasitas 6-8 orang dapat Anda sewa dengan harga   Rp300.000,-. Akan tetapi, tidak semua speedboat mau mengantar Anda ke Tanjung Sebayang pada saat-saat menjelang kemunculan Bono.  Hal ini disebabkan karena kemunculan Bono adalah kondisi dimana Sungai Kampar cukup berbahaya untuk diarungi dan sulit diperkirakaan kondisinya. Pengemudi speedboat atau disebut juga dengan tekong haruslah seorang yang berpengalaman, paham dan mengetahui lika-liku perjalanan serta alur sungai dan mampu ‘membaca’ keadaan arus air dan arus angina. Karena jika tidak, kondisi jalur sungai yang akan selalu berubah-ubah disebabkan perubahan dasar sungai akan sangat membahayakan.

Puncak gelombang paling besar di sungai kampar ini biasanya terjadi pada bulan November dan Februari Berselancar di gelombang sungai yang tidak biasa dan fenomenal tentu akan menjadi sebuah pengalaman baru bagi Anda. Apalagi berselancar diatas gelombang Bono yang terbentuk di Sungai Kampar ternyata dapat memanjakan peselancar untuk dapat berselancar secara terus-menerus hingga 30 menit, bahkan lebih. Demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990