Home Pesona Indonesia Air Terjun Telun Berasap, Jambi

Air Terjun Telun Berasap, Jambi

Pada Pesona Indonesia edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengunjungi Air Terjun Telun Berasap di Provinsi Jambi.

Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi juga dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki kekayaan alam dengan nilai ekonomi yang tinggi. Selain kekayaan alam yang melimpah, Jambi juga memiliki objek-objek wisata alam yang sangat indah dan patut Anda masukkan dalam daftar tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang terkasih Anda. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Jambi adalah Air terjun Telun Berasap.  

Menurut penduduk setempat, nama Telun Berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit air setinggi 50 meter sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya. Proses itulah yang menjadi keistimewaan Air Terjun Telun Berasap. Ketika sinar Matahari menyinari butiran uap air yang melayang di udara seolah berbentuk kabut dan menciptakan kemilau cahaya warnai-warni bagaikan pelangi. Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah  goa namun terbilang sulit dimasuki. Derasnya dan banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan terjalnya batu karang di sekitar air terjun membuat belum ada yang bisa masuk ke dalam goa dan meneliti keadaan di dalamnya.

Air terjun ini berlokasi di Desa Telun Berasap,  Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Keberadaan air terjun nan cantik ini akan memberi kesan mendalam karena berada di antara rimbunan pohon hijau Taman Nasional Kerinci Seblat. Air Terjun Telun Berasap ditutupi lebatnya pepohonan dengan suara gemuruh air yang menghantam bebatuan terjal dan terdengar dari kejauhan. Ratusan kubik air diperkirakan mengalir melalui formasi bebatuan setiap jamnya di air terjun ini. Air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari aliran sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Di sekitar air terjun ini terdapat pondok yang memungkinkan Anda menikmati pemandangan air terjun tersebut dari ketinggian. Jika cukup berani, Anda bisa naik ke atas air terjun untuk mendapatkan pemandangan berbeda. Perlu diketahui, Air Terjun Telun Berasap bukanlah air terjun yang memungkinkan Anda untuk melakukan loncatan dari atas ke bawah air terjun, karena dasar air terjun tersebut tidak dalam dan berbatu di tepi alirannya. Sayangnya Anda tidak dapat menikmati gemuruh suara air terjun ini menjelang Anda tidur karena di tempat ini tidak tersedia hotel maupun penginapan Namun Anda dapat bermalam di Kota Sungai Penuh, Ibu Kota Kabupaten Kerinci yang berjarak sekitar 60 kilometer menuju DesaTelun Berasap.  

Perjalanan menuju Desa Telun Berasap dapat menggunakan kendaraan roda empat. Pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap dapat ditempuh dengan perjalanan berjalan kaki sejauh 300 meter. Namun setelah melewati pintu, perjuangan Anda menuju Air Terjun Telun Berasap ini belum usai karena Anda perlu menaiki anak tangga sejauh 300 meter. Kondisi anak tangga sudah ditata rapi namun jika hujan datang, kondisi anak tangga tersebut akan licin, jadi perlu berhati-hati. Sepanjang perjalana,  Anda dapat melihat pepohonan besar yang menurut masyarakat setempat sudah berusia ratusan tahun. Anda juga bisa menikmati hamparan pemandangan Taman Nasional Kerinci Semblat dari kejauhan. Perjalanan 60 menit dari Sungai Penuh ditambah langkah-langkah menantang sepanjang 300 meter melalui anak tangga serasa sepadan dengan pemandangan air terjun yang mempesona di depan mata. Apakah Anda siap melakukan petualangan ini?// Nuke

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990