Pantai Dato Majene

Pesona Indonesia. Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda Pantai Dato Majene, di Sulawesi Barat.    

Berlibur ke pantai merupakan favorit banyak orang. Apalagi Indonesia  adalah Negara kepulauan dengan garis pantai  terpanjang dan memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Salah satu lanskap alam pantai yang memukau adalah Pantai Dato Majene , yang terletak di dusun Pangale,  Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene , Provinsi Sulawesi barat.

Pantai Dato Majene terletak sekitar  7 Km dari Kota Majene, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Kondisi jalan menuju pantai ini sudah baik dan mulus. Pemandangan hutan kecil dan kebun warga lokal menemani perjalanan sekitar 15 menit dari kota Majene.  Sesampainya di tempat parkiran, terdapat anak tangga batu yang harus dititi setinggi 30 meter sebelum sampai di bibir pantai. Pantai Dato Majene terbagai atas 2 bagian, yaitu pantai berpasir putih halus dan pantai beralaskan karang.  Keberadaan kontur pantai yang berkarang dan menjorok ke laut menambah pesona Pantai Dato Majene. Terlebih lagi terdapat batu karang raksasa yang terhubung  dengan tangga sehingga pengunjung dapat naik dan menikmati pemandangan dari atas.

Pemandangan lain yang menarik di Pantai Dato Majene adalah bongkahan batu karang yang memiliki lubang atau bentuk unik karena dihempas ombak secara terus menerus selama ratusan tahun. Beberapa batu karang raksasa bahkan berdiri menjorok ke arah laut.  Anda dapat menaiki bukit karang dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dari atas sana anda dapat menikmati pemandangan sekitar Pantai Dato Majene yang cantik.  Di bawah,  karena air lautnya yang jernih,  anda bisa menikmati ikan-ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang.  Bila menjelang matahari terbenam, sebaiknya anda naik lagi ke Batu Karang, untuk menyaksikan matahari terbenam.  Karena pada saat itu , anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah.

Selain pemandangan  indah yang dapat anda saksikan di Pantai Dato Majene, pada bulan Agustus sampai September terdapat  kegiatan khusus yang diadakan di pantai ini, yaitu Sandeq race. Sandeq race adalah ajang balap perahu sandeq atau perahu tradisional khas suku Mandar. Pemandangan ini tentu akan menyuguhkan pengalaman  dan pemandangan  berbeda bagi wisatawan mengingat nilai budaya lokal menunjukkan keistimewaannya dalam bentuk balap perahu tradisional.Setelah lelah bermain, bersantai dan menikmati pemandangan  di Pantai Dato Majene anda bisa membeli oleh-oleh   camilan yang sebagian besar terbuat dari olahan pisang di Pasar Tradisional Majene , ataupun membeli ikan  yang sudah diasap agar tahan lama di Tempat pelelangan  ikan yang terletak tidak jauh dari Pantai Dato Majene dan Pasar Tradisional Majene.

Untuk menuju Kabupaten Majene, anda bisa menggunakan pesawat melalui Bandara Tampa Padang di Mamuju atau Bandara Sultan Hasanuddin di Makasar , Sulawesi Selatan . Jarak dari Mamuju ke kota Majene dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan waktu tempuh selama tiga jam. Tetapi jika dari Makasar , akan memakan waktu sekitar 6 jam. Pendengar,jika anda sedang berlibur dan berada di Sulawesi Barat, luangkan waktu untuk menikmati keindahan Pantai Dato Majene yang indah.// Edn 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990