Home Pesona Indonesia Nasi Lodo Dari Pacitan

Nasi Lodo Dari Pacitan

Pacitan selain terkenal karena merupakan kota kelahiran Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga tekenal dengan dengan sebutan kota  1001 gua, ini karena banyaknya gua yang ada di kota Pacitan.  Di kota Pacitan tidak saja tempat-tempat wisatanya yang terkenal, tetapi juga salah satu kulinernya yang menjadi favorit Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Nasi Lodo.

Nasi Lodo adalah sejenis masakan khas yang konsepnya menggunakan nasi uduk sebagai andalan utamanya. Kemudian pada waktu penyajiannya ditambah dengan ayam dan kuah santan yang membuat rasa Nasi Lodo ini semakin nikmat. Apalagi kalau anda  makan Nasi Lodo ini dalam kondisi yang lapar dan lelah. Anda pasti akan merasakan kenikmatan yang luar biasa. Tapi yang menambah nikmat rasanya adalah karena cara menyajikannya yang menggunakan piring bambu dengan daun pisang sebagai alasnya. Dengan tampilan seperti itu siapa yang tidak tergoda untuk mencicipinya.?

Nasi Lodo yang seperti nasi uduk ini selain disajikan dengan ayam yang berkuah santan, masih ditambah dengan lalapan sambal tomat pedas dan urap sayuran. Pada waktu anda menggigit ayamnya, anda akan merasakan gurihnya masakan ini yang berbeda dengan masakan ayam lainnya. Ini karena sebelum dimasak dalam kuah santan,  ayam dipanggang  dahulu. Selain itu yang membuat rasa ayam ini istimewa adalah karena ayam yang dipergunakan haruslah ayam kampung. Kemudian pada waktu penyajiannya, siram daging ayam ini dengan kuah santan untuk menambah rasa gurihnya. Masakan ini sama sekali tidak terasa pedas, ini karena cabai dimasukkan secara utuh ke dalam kuah. Bila anda penggemar rasa pedas, anda tinggal memilih antara menggigit cabai merah utuh ini atau menambahkan sambal tomat. Dengan konsep yang demikian unik,  Nasi Lodo cocok untuk menu sarapan atau makan siang anda. Kalau untuk sarapan sebaiknya dilengkapi dengan  secangkir teh poci, sedangkan kalau untuk makan siang apabila ditambah dengan segelas es kelapa muda Pacitan, pasti akan terasa luar biasa.

Pendengar,  anda tidak perlu khawatir dengan santan yang digunakan dalam hidangan Nasi Lodo ini. Memang santan mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolestrol, tetapi secangkir teh akan segera menetralisirnya.

Apabila anda sedang berada di Jakarta dan ingin mengunjungi Pacitan, anda bisa naik kereta api Senja ekonomi jurusan Solo dari Setasiun Pasar Senen atau Setasiun Jatinegara. Kemudian setelah turun di stasiun Solo Balapan, anda harus menuju Terminal bus Tirtonadi lalu naik bus ke jurusan Pacitan. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 4-5 jam. Setelah sampai di Pacitan, sebelum menyusuri tempat-tempat indah di Pacitan, nikmatilah dulu sepiring Nasi Lodo, kuliner khas Pacitan.yang bisa menggoyang lidah anda.//Edn

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990