Pelangi Nada

Kembali bersama program musik Pelangi Nada untuk edisi Kamis, 6 Maret 2014, VOI akan selalu menghadirkan musik-musik terbaik dari para musisi indonesia. Pada edisi hari ini VOI memilih lagu pop daerah dari Propinsi Jambi.

baru saja anda mendengarkan sebuah lagu dari propinsi Jambi berjudul Tumbuk-Tumbuk  Padi ciptaan Yahya, dinyanyikan dengan irama khas Melayu oleh duet Ramzi & Nana, sebuah Lagu Melayu Jambi yang mengungkapkan ketinggian budi dan keluhuran hati bertamsilkan Runduk Padi Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra. Jambi juga merupakan nama sebuah kota di provinsi ini, yang merupakan kota ibukota provinsi. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukota-nya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.

Musik Sumatra tak lepas dari irama melayu dangdut yang riang demikian juga dengan lagu pop daerah jambi ,

Tadi baru saja kita dengarkan lagu berjudul Burung Bagumpak yang dinyanyikan oleh Effendi TN .  Masyarakat Jambi merupakan masyarakat heterogen yang terdiri dari masyarakat asli Jambi, yakni Suku Melayu yang menjadi mayoritas di Provinsi Jambi. Selain itu juga ada Suku Kerinci di daerah Kerinci dan sekitarnya yang berbahasa dan berbudaya mirip Minangkabau. Secara sejarah dan budaya merupakan bagian dari varian Rumpun Minangkabau. Juga ada suku-suku asli pedalaman yang masih primitif yakni Suku Kubu dan Suku Anak Dalam. Adat dan budaya mereka dekat dengan budaya Minangkabau. Selain itu juga ada pendatang yang berasal dari Minangkabau, Batak, Jawa, Sunda, Cina, India dan lain-lain. Propinsi Jambi termasuk dalam kawasan segi tiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapore (IMS-GT). Jarak tempuh Jambi ke Singapura jalur laut melalui Batam dengan menggunakan kapal cepat (jet-foil) ± 5 jam .// Youby  

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990