Pelangi Nada

Pelangi Nada edisi pop daerah kali ini, kami akan menghadirkan seorang penyanyi yakni Anang Ardiyansyah dari daerah Banjarmasin, Propinsi Kalimantan Selatan.  

Haji Anang Ardiansyah selain sebagai seorang penyanyi dia juga pencipta lagu lagu Banjar yang produktif.Sebagai seorang penyanyi Anang juga biasa membawakan lagu lagu Banjar dengan irama latin. Lagu lagu Banjar berirama latin tersebut dapat kita jumpai di album lagu Banjar latinia Ampat Lima yang diiringi oleh Tygaroon’s Mini Studio yang dipimpin oleh Anang Ardiansyah serta music dan composer oleh Yuyun The Kid. Banyak sudah lagu lagu yang telah di populerkan oleh Anang bersama dengan beberapa penyanyi  seperti lagu Sambal Raman.

Lagu yang baru kita dengar tadi,  menceritakan tentang perjuangan muda mudi Banjar pada tahun 1945 berjuang mempertahankan kampung Banjar Batuah dari Belanda yang ingin merebut kampung halaman mereka. Mereka berjuang mempertahankan tanah kelahiran demi anak cucu mereka demi masa depan tanah kelahiran. Itulah salah satu lirik lagu yang dibawakan Anang Ardiansyah yang popular didaerah Banjar. Anang sendiri menuturkan lagu (pantun) Banjar sendiri terbagi ke dalam 3 bagian yaitu yang berkembang di tepian sungai, didaratan dan yang berkembang di pesisir pantai.Ketiganya jenis tersebut merupakan jenis lagu lagu music Panting.Nah, Pada music Panting yang asli dari Banjar di gunakan tiga jenis alat music  yaitu alat music petik, babun yaitu gendang dan agung atau gong.// Folda

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990