Pelangi Nada

Edisi kali ini, kami akan menghadirkan lagu-lagu tradisional dari daerah Aceh atau dikenal juga dengan sebutan tanah rencong. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera yang merupakan provinsi paling barat di Indonesia, dengan ibu kota Banda Aceh.

Lagu Seulanga telah mempopulerkan nama Rafli dalam deretan nama-nama penyanyi daerah Nanggro Aceh Darussalam. Lelaki yang lahir dari  keluarga petani di Samadua Aceh Selatan tahun 1967 ini dikenal sebagai musisi yang berani tampil beda dengan mengusung musik cadas atau slow rock ala Aceh. Bakan seni yang dimilikinya mengalir dari Ayahnya pemimpin grup Meudikee, sebuah grup suara yang melantunkan ayat-ayat Al Quran.  Lagu Seulanga ini juga pernah dinyanyikan oleh seorang wanita berkulit putih. Perjuangan Rafli untuk mencapai kesuksesan di dunia musik Aceh tidaklah mudah. Beberapa produser menolak karya-karyanya dengan alasan Rafli menggunakan bahasa yang bercampur yaitu bahasa Aceh, Jamee dan Indonesia, dan musik yang dianggap terlalu tua. Setelah sempat menyanyi di warung-warung kopi di Aceh, Rafli berhasil merilis album solo pertamanya berjudul Hasan Husein bersama produser Ghazali dan kawan-kawan. Album ini terjual sebanyak 70 ribu kaset dan ratusan ribu keeping. 

Lagu Aneuk Yatim, menceritakan tentang bencana Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 1998, yang juga sering diputarkan di sejumlah radio di Jakarta. Tidak hanya bernyanyi solo,  Rafly juga memimpin grup musik Kande, serta mengajarkan musik kepada generasi muda Aceh. Dia sendiri terus berlatih vokal dengan berbagai cara seperti pergi ke tepi laut dan menjerit melawan debur ombak. Dulu dia sering menghabiskan waktunya di gunung. Dia senang menyanyi di kesunyian diiringi irama alam. Bila berkunjung ke kampung istrinya di Montasik, Aceh Besar, dia selalu menyempatkan diri menyusuri pematang sawah hanya untuk mendengar suara jangkrik.  Wati

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990