PELANGI NADA

 

Edisi Pelangi Nada musik daerah kali ini,kami akan menghadirkan seorang penyanyi pop daerah Jawa Barat  atau Sunda, Rya Fitria. lagu “Bogoh Ka Saha” adalah lagu Pop Sunda yang diciptakan oleh Yana Kermit. Berkat lagu manis romantis yang dirilis tahun 2004 itu Rya Fitria, Wanita kelahiran Bandung 10 Juni 1985 ini berhasil meraih popularitas dan masuk dalam jajaran penyanyi Pop Sunda yang patut diperhitungkan. Pada saat itu para pengamat Pop Sunda pun menyebut Rya sebagai pendatang baru yang punya prospek cemerlang. Terbukti, posisi Rya di peta Pop Sunda yang kian mantap. Album demi album diluncurkannya, termasuk “Alim Patebih”  pada tahun 2011.

Doel Sumbang, sosok yang sangat selektif dalam memilih penyanyi,  tidak ragu mengajak Rya untuk bergabung dalam sebuah proyek rekaman Pop Sunda eksklusif bersama beberapa penyanyi Pop Sunda papan atas lainnya, di bawah bendera “Kompos” (Komunitas Praktisi Pop Sunda). langkah Rya di dunia musik kian mantap dengan prestasi yang diraihnya dalam ajang kontes dangdut nasional besutan TPI yang dikenal dengan sebutan KDI. Dalam ajang KDI  3 (tahun 2006), Rya masuk jajaran 10 besar nasional. Sejak itu, nama Rya pun berubah menjadi Rya Fitria KDI.

Rya mengaku banyak memperoleh pelajaran berharga selama mengikuti KDI. Selain itu, wanita muda yang sudah mulai mengikuti berbagai lomba menyanyi semenjak di bangku SMP inipun kerap menjajal kemampuannya pada Musabaqah Tilawatil Quran. Ketika ditanya, genre manakan yang lebih disukai, antara dangdut atau musik pop sunda, dia mengatakan menyukai keduanya. Sebagai orang sunda Rya merasa memiliki kepuasan tersendiri dalam menyanyikan lagu daerah Sunda.Selain “Bogoh Ka Saha” dan “Alim Patebih”, Rya juga mempunyai album bertajuk “Demi Cinta”, musik Pop Sunda Dangdut. Menurutnya musik pop sunda semakin update, tapi meski  begitu, Rya berharap Pop Sunda tidak menghilangkan ciri kebudayaan Sunda-nya, misalnya dari segi  busana.// Wati

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990