Pelangi Nada

 
Edisi Pelangi Nada kali ini, kami akan menghadirkan seorang penyanyi wanita Indonesia, Ikke Nurjanah. Seorang penyanyi dangdut yang juga mampu membawakan lahu-lagu daerah provinsi Jambi. Jambi merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera, dengan ibukota yang sama dengan nama provinsinya, yaitu Jambi.  Daerah ini merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu yang digunakan sama seperti Melayu Palembang dan Bengkulu.

Ikke Nurjanah, wanita yang lahir di Jakarta pada 18 Mei 1974 ini merupakan seorang penyanyi dangdut dan presenter televisi di Indonesia. Ikke Nurjanah yang memiliki suara khas dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia ini pada mulanya tidak pernah bercita-cita menjadi penyanyi peofesional. Ikke memiliki cita-cita mulia yaitu menjadi seorang guru Taman Kanak-kanak. Anak sulung dari empat bersaudara ini besar dalam lingkungan seni. Ayahnya, Abdul Pihar Tanjung, adalah seorang pemain biola lagu-lagu Melayu Deli. Album perdana Ikke berjudul "Ojo Lali" langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Sampai sekarang Ikke telah mengeluarkan belasan album. Lagu-lagu Ikke yang sangat populer di antaranya "Sun Sing Suwe", "Terlena", dan duetnya bersama Aldi Bragi,  berjudul "Memandangmu"..

Ikke Nurjanah yang memiliki nama asli Hartini Erpi Nurjanah ini dikenal berpenampilan manis dan sopan untuk ukuran penyanyi dangdut. Hal inilah yang malah menjadi ciri khasnya. Ikke menghindari menggunakan pakaian yang norak, goyangan yang seronok dan lirikan yang genit, serta desahan yang merangsang. Meski demikian, Ikke tetap bisa eksis di dunia musik. Terbukti beberapa penghargaan yang diterimanya, seperti penghargaan AMI (Akademi Musik Indonesia) untuk kategori penyanyi dangdut wanita terbaik 1997, 1998, 1999 dan Penyanyi Dangdut Paling Ngetop SCTV 2002. Ikke sering tampil di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara, seperti saat tampil di Asia Live Dream 22 Februari 1998 silam atas undangan stasiun televisi NHK Jepang.Ikke menikah dengan Renaldi Hutomo Wahab atau Aldi Bragi, salah seorang personel grup musik Bragi pada tanggal 16 Oktober 1998. Namun sayang pernikahan itu berakhir pada tahun 2007. Wati

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990