: PELANGI NADA

Dalam acara Pelangi Nada sebuah acara yang memperkenalkan musik   Indonesia baik tradisional maupun modern. pada  edisi Pelangi Nada kali ini, kami akan menghadirkan seorang penyanyi pria yang membawakan lagu daerah Bugis Makassar, Sulawesi Selatan, Iwan Tompo. pemilik nama lengkap Iwan Tompo Daeng Liwang ini sudah 40 tahun menggeluti dunia tarik suara. Hampir semua lagu yang dinyanyikannya menjadi hits di kalangan masayarakat penikmat lagu Bugis Makassar.

Iwan Tompo yang dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Selatan, merupakan salah satu Maestro lagu Daerah Bugis Makassar.tidak hanya aktif sebagai penyanyi, pria yang sudah dikaruniai 12 orang cucu ini juga merupakan komposer dan pencipta lagu. sekitar pertengahan tahun 2012 lalu, masyarakat sempat dikejutkan dengan berita kematian sang maestro. padahal Iwan Tompo saat itu sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara karena menderita penyakit jantung dan gula.setelah menjalani perawatan selama kurang lebih tiga minggu, pria yang telah menghasilkan sekitar 50 album lagu Bugis Makassar ini sudah diperbolehkan keluar dan menjalani rawat jalan. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang mendengar kabar tersebut langsung menjenguk Iwan Tompo Syahrul mengatakan, Iwan Tompo banyak memberi kontribusi terhadap budaya, seni dan karakter hidup masyarakat Sulawesi Selatan melalui keahliannya. menurutnya, Iwan Tompo merupakan seorang penyanyi daerah yang mampu menghibur semua orang.

diusianya yang menjelang senja, cita-cita laki-laki yang lahir 6 September 1952 ini sepertinya mulai menampakkan hasil. selain menghasilkan sekitar 50 Album, Iwan juga sukses mendorong empat putra putrinya menghasilkan masing-masing satu album single. Iwan mengatakan,dirinya akan terus memperkenalkan budaya Sulawesi Selatan melalui lagu. menurutnya, hal itu merupakan kewajibannya sebagai putra daerah. Iwan mengatakan lagu-lagu daerah merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.karena itu dia bertekad untuk memperkenalkan lagu-lagu Bugis Makassar tidak hanya di level daerah tetapi juga nasional bahkan dunia.//  Wati

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990