Home Musik Tradisional Pelangi Nada ( Daerah )

Pelangi Nada ( Daerah )

 

Dalam acara Pelangi Nada, sebuah acara yang memperkenalkan musik   Indonesia, baik tradisional  maupun modern  Pada edisi Pelangi Nada musik daerah kali ini, kami akan menghadirkan seorang penyanyi pop daerah Bali, Dek Ulik.  Wanita kelahiran Gianyar, 11 Januari 1984 ini, telah mampu membuktikan dirinya sebagai penyanyi yang diperhitungkan di tengah ketatnya persaingan banyaknya bermunculan penyanyi muda berbakat . Dahulu, sama sekali tak pernah terlintas dalam pikiran Dek Ulik akan menjadi penyanyi pop Bali. Berawal dari lomba karaoke di radio, akhirnya penyanyi yang dikenal dengan lagu-lagu melankolis ini mampu tetap eksis di jalur musik pop Bali.

sebuah lagu dari daerah Bali Bangkung Ngamah Gula. Seperti kebanyakan wanita Bali yang dikenal pandai menari, Ni Made Suastini atau Dek Ulik, sejak kecil bercita-cita menjadi penari. Dia tidak mau melewatkan kesempatan rekaman yang datang padanya, walaupun keinginan jadi penyanyi sempat tidak disetujui oleh orang tuanya. Apalagi saat itu lagu pop bali masih sangat jarang.  Alumnus SMEA Negeri Gianyar ini mengawali kariernya dengan bergabung bersama penyanyi Yanse sehingga akhirnya merilis album solo lewat Januadi Record. Album solo pertama Dek Ulik berjudul "Rindu Ngantosan Janji", menyusul "Somahe Bebotoh" yang mengantarkannya pada popularitasnya sebagai penyanyi pop Bali. Dek Ulik kini juga masuk dalam jajaran artis Nada Sambung Pribadi (NSP) 1212 salah satu operator telfon seluler di Indonesia. Dia dipilih karena kepopulerannya di tengah masyarakat Bali, sekaligus untuk memgembangkan budaya Bali.

Dek Ulik sangat mensyukuri suara khas yang dimilikinya sebagai karunia yang maha kuasa.  Dengan ciri khas musik Bali, Dek Ulik berharap musik pop Bali dapat diterima tidak hanya oleh masyarakat Bali, tapi juga di blantika musik nasional.  Meskipun sampai saat ini belum pernah menciptakan lagu, Dek Ulik berharap suatu hari ia dapat membawakan sendiri lagu hasil ciptaannya.  Karena menurutnya dengan membawakan lagu ciptaan sendiri, penghayatan terhadap syair lagu akan jauh lebih baik. Wati

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990