Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 77

Tradisional-Gamelan

 

Edisi musik tradisional kali ini, kami akan memperkenalkan music gamelan . Jika kita mendengar kata Bali maka yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah pantai yang indah dan tari kecak yang telah mendunia.

 

Bali memang terkenal akan keindahan alam yang mempesona. Budaya dan tradisi yang masih terjaga dan tertata apik sampai saat ini tentu tidak lepas dari kecintaan masyarakatnya akan kebudayaan itu sendiri.

 

Beragam tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat Bali membuat Pulau Dewata semakin dikenal dimata wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Namun Bali tidak hanya memiliki keindahan alam dan tradisi saja.

 

Saat ini masyarakat Bali sedang digandrungi dengan seni pertunjukkan wayang. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Bali juga memiliki seni pertunjukkan wayang kulit. Masyarakat Bali punya sebutan sendiri untuk seni pertunjukkan ini yaitu Wayang Joblar. Bagaimanakah sebenarnya seni pertunjukkan wayang joblar ini?

 

Pada dasarnya pertunjukkan seni wayang Joblar ini sama dengan seni pertunjukkan wayang kulit khas Jawa Tengah. Namun terdapat beberapa perbedaan . Mereka sama-sama menggunakan musik gamelan akan tetapi alunan musik gamelan Bali sering mengalami perubahan tempo dan dinamik.

 

Bedanya lagi, gamelan Bali memiliki lebih banyak instrumen berbilah daripada yang berpencu (kenong). Logamnya pun lebih tebal sehingga dapat bersuara lebih nyaring. Ciri lain gamelan Bali adalah digunakannya sejenis simbal yang disebut ceng-ceng.

 

Ceng-ceng inilah yang berbunyi nyaring dan cepat sehingga membuat musik gamelan Bali berbeda dari musik gamelan Jawa. Satu set gamelan khas Bali inilah yang digunakan untuk memeriahkan seni pertunjukkan wayang Joblar ini.

 

Perkembangan teknologi yang hadir di Indonesia juga turut meramaikan seni pertunjukkan wayang Joblar Bali. Sorot cahaya laser beragam warna dihadirkan untuk menarik perhatian generasi muda Bali. Sebuah kolaborasi antara budaya asli dan teknologi yang luar biasa untuk sebuah pertunjukkan seni wayang kulit

 

Untuk tetap menjaga kelestarian seni pertunjukkan wayang Joblar ini, masyarakat Bali tetap menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa pengantarnya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena seni pertunjukkan wayang Joblar ini juga menyediakan sebuah buku kecil mengenai cerita yang dibawakan oleh sang dalang. Semoga informasi yang kami hadirkan dapat memperluas pengetahuan anda mengenai kebudayaan Indonesia yang berlimpah. Nk-ike/24.5.12/pena

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

 

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990